Foto Sawah! Susah tapi gampang


Sawah biasanya identik dengan hamparan tanaman padi di area yang cukup luas. Sejauh mata memandang, yang terpampang hanya, petakan-petakan sawah dengan padi yang hijau atau menguning (ketika hendak panen). Apa yang kita lihat memang menyejukkan mata, tetapi untuk konsumsi fotografi, kadang terlihat terlalu monoton dan cenderung membosankan!

saya masuk ke tengah sawah yang agak becek, karena melihat ada sesuatu yang bisa menarik perhatian dan melawan dominasi tanaman padi di sekelilingnya.

Tapi dengan kondisi yang seperti itulah, tantangan yang sebenarnya muncul! Bagaimana membuat foto sawah atau di area persawahan, menjadi hasil foto yang tetap hidup dan dinamis! Saya sudah beberapa kali melakukan pemotretan di area sawah, dan memang sejatinya agak sulit membuat foto yang berkarakter kuat dan menimbulkan efek “WOW”. Kendalanya utamanya adalah bagaimana mengatasi pola dan warna yang cenderung dominan itu.

Motor yang lewat di tengah pematang sawah juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan ke monotonan.

Cara mensiasati yang paling mudah adalah dengan mencari subjek foto yang unik dan mampu mencuri perhatian di tengah kepungan warna hijau sejuk yang dominan itu! ini pun perlu usaha yang lumayan,  karena mau tidak mau, kita harus terjun langsung ke tengah sawah (kalau pas kering no problem, tetapi kalau pas becek, hmmm, siap-siap ke jeblos deh)…atau seandainya tidak mau terjun ke sawah, kita harus mau berpindah-pindah di area persawahan yang luas itu guna mencari sudut pandang yang paling baik.

Satu motor cukuplah untuk menambah variasi di tengah kepungan warna hijau

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Berita baiknya ketika memotret di sawah adalah kita tidak dipusingkan dengan pengukuran pencahayaan! warna hijau yang kurang lebih pas jatuh di middel tone, membuat kerja komputer kamera dalam mengukur cahaya tampak mudah dan akurat!

Ok, mudah-mudah bermanfaat dan tidak ada salahnya sekali-sekali terjun ke sawah!

11 tanggapan untuk “Foto Sawah! Susah tapi gampang”

Tinggalkan komentar