Tajam semua atau bokeh? (Street photo)


Kitalah yang harusnya menentukan urusan ruang tajam di hasil foto. Kalo bagaimananya, sudah banyak sekali tutorial utk itu. Yang lebih penting adalah MENGAPA nya?

Menurut saya sih. Urusan Bokeh, terlalu dibesar besarkan. Seolah olah, Asal bokeh pasti bagus. Bokeh jadi andalan, terutama untuk foto portrait. Karena secara terang2an, bokeh memisahkan subjek dengan layar belakang. Tapi, klo melulu andalkan bokeh…. sepertinya boring deh dan tak ada tantangan.

Kucing di lapangan futsal (Bekasi 2017)

Sebaliknya, hasil foto yang semuanya tajam, motretnya simpel, karena by default semua lensa pasti bisa. Tetapi utk hasil yang optimal, betul betul membutuhkan ketelitian dan perhatian yang lebih pada saat sesi pemotretan. Apalagi pada saat nyetreet. Tantangan utk memadukan antara semua elemen dalam frame, benar benar perlu kerja keras dan latihan yang serius.

Ruang tajam yang luas, sangat berpotensi menghasilkan kekacauan. Yang paling sering adalah Subjek kita kalah bersaing dengan elemen lain dalam bingkai foto. Misalnya: kalah kecerahan, kalah dalam warna, kalah oleh background yang berpola dan lain sebagainya.

Jogja 2017

Salah satu trik untuk mensiasatinya adalah dengan menSEDERHANAKAN isi bingkai foto kita. Cara paling mudah utk itu adalah TENTUKAN DULU BACKGROUND nya, setelah itu tunggu orang lewat dan anda siap memotretnya.

Bekasi 2017

Siap dicoba agan?

Semangaat

BudiPurnomo [ founder www.fotoindah.com (belajar fotografi online)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s