BROMO…bromo


Dulu…kalau googling image “bromo”…sedih banget rasanya. Foto-foto yang muncul bagus-bagus dan indah. Sedih karena, , saya belum diberi kesempatan untuk ke sana.

Alhamdulillah, beberapa waktu lalu, saya berkesempatan ke sana..walaupun waktunya kurang tepat (karena bertepatan dengan liburan idul fitri)…tapi, dari sisi cuaca pas banget, karena masih musim kemarau.

Ternyata, ada beberapa jalan menuju kawasan Bromo. Kami waktu itu naik lewat Pasuruan. Spot yang diantarkan oleh Jeep-2 yang kami (rombongan besar yang menyewa 4 jeep) sewa adalah Pananjakan Dua (dan saya juga tidak tahu…pananjakan satunya di mana..judulnya pasrah saja sama sang sopir). Ternyata, ramainya luar biasa!…saya hanya ikut kemana orang-orang pada berjalan,..dan ternyata menuju ke atas sebuah bukit…setelah sampai di atas, kami duduk diam dan kedinginan!

Nah, di sini baru naluri tukang fotonya muncul. Saya gak mau diam..langsung berjalan dalam gelap dengan bantuan senter, memecah kerumunan orang. Pertanyaan pertama saya adalah “mataharinya muncul dari arah mana”. Setelah jawaban saya dapat. Pertanyaan berikutnya: di sebelah manakah letak “icon” gunung-gunung yang heboh itu berada. Saya juga segera mendapat jawaban…berdasarkan dua info itu…saya mantabkan “posisi” di mana saya akan mengambil gambar.

 

Jangan lupa, tukang fotonya juga selfie dong
Jangan lupa, tukang fotonya juga selfie dong

 

Matahari pun menyundul keluar. Gelap berubah menjadi remang. Suasana dingin mulai menghangat dengan semburan warna oranye sinar matahari….Mulailah: banyak orang berfoto dan mengarahkan kameranya ke arah matahari…semakin tinggi matahari, ternyata semakin sepi tempat saya berdiri. Sebagian besar orang sudah mulai turun dan hanya puas dengan memotret sun rise yang muncul tidak lebih dari 10 menit itu. Saya kaget…kok pada bubar!…padahal ketika matahari sudah agak tinggi (belum sampai jam 6 pagi),…di situlah pemandangan spektakuler pegunungan kawasan bromo menampilkan keindahannya…dan saat itulah,,,saya memotret dengan puas dan dalam kondisi yang sudah lengang….(tips buat anda…gak usah ikut, orang laen..buru-2 turun ke bawah)

 

Sun rise...tanpa flash..akan jadi siluet nih foto
Sun rise…tanpa flash..akan jadi siluet nih foto

 

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

 

fill in flash..membuat subjek foto tampil cerah
fill in flash..membuat subjek foto tampil cerah

 

Baru setelah puas memotret ….turun ke hamparan pasir dan gunung-gunung di kawasan Bromo. Dan ternyata, masih nyaman dan bagus, serta tidak terlalu panas (toh masih jam 7 pagi)…Jadi, mengapa, kebanyak orang begitu terburu-buru meninggalkan Pananjakan?..gak ngerti saya!

 

tidak terlalu siang di area berpasir kawasan Bromo
tidak terlalu siang di area berpasir kawasan Bromo

 

Oh ya lupa…hal penting ketika memotret pemandangan dengan latar depan model ketika di Bromo adalah BAWA EKSTERNAL FLASH yang kuat berikut TRIGGER dan RECEIVERnya. Ini pentiiiiing banget, supaya model kita tercahayai dengan baik. kenapa harus pakai perlatan stobist? agar arah cahaya flash tidak frontal dari depan. Gunakan teknik fill in flash dan jangan lupa, anda juga berhak untuk di foto…hehe. Semoga bermanfaat…

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

One thought on “BROMO…bromo”

Tinggalkan Balasan

