Haruskah hasil foto diedit lagi?


Sering sekali saya membaca tulisan yang menyertai sebuah hasil foto dengan kalimat “no edited” “asli tanpa editan”.

Terus, kira-kira apa ya, nilai tambah dengan kalimat tersebut?

Seiring perkembangan teknologi olah digital dan kamera digital saat ini. Saya secara pribadi, masih sering menilai keindahan hasil foto dari banyak aspek…tapi tidak masalah dengan edit. Selagi masih menggunakan file digital, bagaimana kita bisa lepas dari urusan “edit meng edit”? Hasil edit yang ekstrim sekalipun menurut saya tidak masalah. Pastinya sang editor ingin membuat hasil karya editan fotonya menjadi indah,,,atau setidaknya berbeda.

Kembali ke selera pribadi, kadang saya malah tidak bisa menikmati hasil foto digital yang ditampilkan tanpa di poles sedikitpun. Tanpa cropping, tanpa dipoles kontrasnya, saturasinya, color balancenya….wah hasil foto malah jadi garing,,,enggak enak dilihat.

berangkatYuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Semua foto saya, tidak akan saya tampilkan tanpa proses kerja yang sudah saya tetapkan. salah satu proses kerja yang penting itu adalah melakukan “retouch” atau editing menggunakan aplikasi yang sesuai. Kadang, sulit sekali melakukan cropping langsung pada saat pemotretan. Sehingga langkah pertama yang saya biasanya melakukanadalah cropping. Membuang elemen foto yang tidak perlu.

batu lumutYuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Langkah editing berikutnya, biasanya terkait dengan pencahayaan dan pewarnaan. Tujuannya jelas. Agar hasil foto tampil prima dan sesuai dengan apa yang saya inginkan. Saya akan gelapkan kalau perlu gelap. saya akan tambah saturasi warna, kalau itu dirasa perlu. Kontras saya tambah dan seterusnya. …Intinya, tidak ada yang salah dengan editing.

Edit foto bukan aib kok!

Tinggalkan Balasan

