Jangan minder dengan peralatan foto yang kamu punya (bagian 2)


Melanjutkan tulisan sebelumnya. Kali ini saya akan membahas, hal penting lainnya yang membuat kita tidak perlu minder dengan peralatan fotografi yang kita miliki saat ini. Selain pencahayaan (sudah diulas pada bagian 1), apabila kita kuasai hal ini, maka kita bisa menghasilkan foto indah melebihi orang lain yang punya peralatan mahal tapi tidak menguasainya. Hal yang saya maksud adalah “Ketrampilan pada teknik dasar fotografi”.

Teknik dasar biasanya meliputi :

1. Penguasaan pada fitur kamera yang kita miliki (pelajari manual book, itu kuncinya)

2. Penguasaan pada 3 parameter dasar fotografi : Aperture (bukaan diafragma) simbolnya “f”, shutter speed (simbolnya “S”) dan ISO.

Penguasaan fitur kamera harus menjadi kemampuan dasar kita. Sejago apapun kita, kalo kita tidak paham dan ahli dalam mengoperasikan kamera kita sendiri,…hampir sia-sia keahlian itu. Pelajari setiap tombol dan fungsinya. Hapalkan tempatnya, sehingga ketika anda akan memotret, jari-jari telah mahir dan cepat menemukan tombol yang diinginkan.  Jangan sampai kejadian, anda dapat momen yang tepat dan hanya berlangsung cepat,,,hilang begitu saja, karena lupa dimana letak tombol untuk mensetting sesuai yang anda inginkan. Tombol-tombol minimal yang harus dihapal adalah:

– menghidupkan dan mematikan kamera

– mengatur f, S dan ISO

– selector AF atau Manual (tidak harus, tetapi membantu kita bertindak cepat, dikala subjek foto susah ditangkap oleh auto fokus)

–  memunculkan histogram hasil foto kita (tidak harus, tetapi penting untuk menilai secara cepat kualitas pencahayaan hasil foto kita).

levitasiPemahaman fitur kamera plus teknik dasar, memudahkan membuat foto levitasi seperti ini

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Penguasaan pada 3 parameter dasar fotografi (f, S dan ISO) adalah harga mati, kalau kita memang serius ingin menghasilkan karya foto yang indah. Karena sejatinya, itulah cara kerja kamera dan lensa dalam menghasilkan gambar hasil jepretan kita. Memang tidak masalah menggunakan mode pencahayaan yang sudah dibuatkan pilihannya oleh kamera kita,…tetapi, suatu saat nanti, kita pasti dihadapkan pada pencahayaan yang mengharuskan kita menggunakan mode manual agar menghasilkan foto seperti yang kita inginkan (trust me!). Pelajari dan mahirlah mengenai aperture yang berfungsi untuk mengatur ruang tajam. Pelajari dan mahirlah dalam mengatur Shutter speed yang bertanggung jawab dalam urusan “pergerakan subjek”. Pelajari dan mahirlah dalam menentukan ISO yang tepat untuk hasil foto kita.

curug-cijaluPemahaman teknik dasar fotografi, memudahkan dalam membuat foto seperti ini (bukan masalah gearnya)

kitaYuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

fotoindahPakai lensa murah meriah pun bisa menghasilkan foto portrait yang bokeh

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Jadi, memang seharusnya tidak alasan kita minder dengan peralatan foto yang kita punya, selagi kita mau terus belajar dan mengasah skill fotografi . Insya Allah masih ada tambahan hal penting lainnya pada episode tulisan berikut.

Salam dan terus memotret…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s