Jangan minder dengan peralatan foto yang kamu punya (bagian 1)


Kamera dan lensa sebaik apapun itu, sebenarnya itu hanya alat atau media untuk pemotretnya menyampaikan pesan dan aspirasinya. Walaupun tidak dapat dipungkiri, setiap kamera punya fitur yang berbeda-beda.  apalagi lensa. Kualitas gambar lensa premium, pasti sangat berbeda dengan lensa yang “biasa-biasa” saja. Tapi kalau mau sedikit “excuse” (hehehe…), sebenarnya keindahan hasil foto tidak melulu harus dilihat dari kualitas ketajaman hasil fotonya lho! Kadang aspek lain lebih menonjol dari pada kualitas lensa atau kamera. Aspek-aspek apakah itu? Nah, saya akan buat beberapa seri tulisan untuk membahas hal ini. Mudah-mudahan tulisan-tulisan ini bisa memotivasi teman-teman hobies fotografi yang kadang kadang merasa terintimidasi (baca: Minder) hanya karena tidak memiliki GEAR yang mahal dan mewah.

bike-and-fog-web

Peralatan foto yang canggih dan mahal tidak terlalu berpengaruh pada hasil foto seperti ini….

yang penting “PENCAHAYAAN” yang dramatis, karena momen dan waktu pemotretan yang teapat

1. PENCAHAYAAN

Pencahayaan pada foto landscape (pemandangan). Pencahayaan yang tidak pas dengan kontras yang tinggi (misalnya memotret di siang hari), walaupun dengan peralatan yang mumpuni, saya rasa hasilnya tetap saja tidak memuaskan. Apabilal dibandingkan dengan hasil foto walaupun dengan kamera dan lensa yang biasa-biasa saja, tetapi pemotretnya mengambil pada pencahayaan yang tepat dan dramatis (misalnya di dini hari atau sore hari menjelang malam). Mata kita tidak bisa dibodohi untuk menilai karya foto yang indah. Mata akan lebih bisa menikmati hasil foto dengan pencahayaan yang dramatis, hangat, lembut dan kaya warna. Dibandingkan dengan foto landscape yang tajam, tetapi terlihat datar tanpa dimensi, karena dipotret pada siang hari dikala matahari bersinar cerah.

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

DSC_5587

Foto siluet seperti ini, tidak membutuhkan peralatan foto yang canggih dan mahal

Pencahayaan pada foto portrait,  juga mempunyai pengaruh yang luar biasa. Menguasai seluk beluk pencahayaan pada foto portrait, saya jamin, gak perlu minder, apapun peralatan foto yang anda miliki. pelajari teknik strobist dan karakter pencahayaan alami, dijamin deh,…. Foto-foto portrait kita bisa tampil bak fotograper profesional…hehehe.

hari-ini-cerahFoto seperti ini juga gak perlu peralatan foto yang mahal

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

DSC_3579Foto portrait pun tak perlu kamera dan lensa yang mahal…..yang penting “pencahayaan”

Untuk jenis foto yang lainpun, pencahayaan punya pengaruh yang penting sekali dihasil foto kita,…melebihi pentingnya punya peralatan foto yang canggih dan mahal. Jadi, kalau mau belajar dengan sistematis, serius dan terarah mengenai pencahayaan,,,tidak ada alasan lagi untuk minder pada teman anda yang punya kamera dan lensa mahal!

ru-web

Tunggu artikel berikut nya….

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com