Foto apa ya? (bagian-2)


Melanjutkan tips untuk mengatasi sindrom foto apa ya? Pada tulisan kali ini, saya akan melanjutkan apa yang sudah dibahas pada tulisan sebelumnya. Mudah-mudahan kali ini juga menginspirasi anda untuk terus memotret tanpa kebingungan “foto apa ya?”.

3. Bermain dengan BASIC PHOTOGRAPHY

Bicara mengenai dasar fotografi, tentu tidak lepas dari 3 parameter (Aperture, Speed dan ISO). Nah, mengapa kita tidak kembali ke basic? kadang kita disibukkan dengan istilah-istilah dan teknik-teknik fotografi yang terlihat advance. Padahal, jangan-jangan, hal basicpun kita masih “belum ngerti betul”. Mari kembali ke basic. sejatinya banyak sekali yang bisa dieksplor terkait dengan hal-hal basic. Dengan membuat proyek atau tema foto yang fokus pada salah satu parameter basic, secara langsung kita akan mengasah “teknik basic photography” agar lebih mumpuni. Misalnya, bicara mengenai “Shutter Speed”. Buanyak sekali yang bisa kita eksplor. Bermain dengan slow speed di bawah 1 detik misalnya. Ada banyak sekali hal menantang yang bisa kita buat agar proyek atau tema “speed di bawah 1 detik”. Mulai Air mengalir, alat transportasi, kesibukan orang yang berjalan atau night photography.

tes-IR

Aplikasi ISO Tinggi, sehingga memunculkan Grain.

tari-betawi

Bermain Aperture besar

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

DSC_9466

Bermain Speed Tinggi

DSC_9556

Bermain Speed rendah

Atau sekali-sekali bermain grain dengan menggunakan ISO yang tinggi. kita akan disuguhkan dengan hasil foto yang dihiasi butir-butir kasar pembentuk gambar. Bukankah itu hal yang menarik? kalau kita buat dengan sengaja.

Atau bermain dengan aperture. Ini juga sangat luas jangkauannya. Coba bikin proyek untuk aperture besar guna menghasilkan foto yang bokeh. atau bermain dengan ruang tajam yang luas, dengan tema “memotret dengan aperture 11”.

4.  Bermain Cahaya

Membuat tema foto terkait dengan cahaya, sangat bervariasi sekali. Bisa terkait dengan arah datang cahaya. Misalnya: Temanya “cahaya samping”. Fokus memotret cahaya samping, akan membuat kita sensitif sekali untuk melihat pengaruh yang ditimbulkan dari arah cahaya pada hasil foto. Atau bisa kaitkan dengan kualitas cahaya. Coba tema “cahaya pagi”. Potret hanya dengan sumber cahaya matahari pagi,…kita bisa belajar banyak dan menghasil foto-foto yang hangat dan segar!.

daun

Cahaya dari belakang

jamur 1

Cahaya Samping

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s