Foto Portrait dengan Lensa fix 50mm F1.8


Bagi pencinta foto orang (portrait), hasil foto yang bokeh tentunya menjadi idaman. Karena, efek bokeh, membuat subjek foto seolah-olah terpisah dengan latar belakang yang tampak kabur/blur. foto yang bokeh juga membuat latar belakang menjadi tidak dominan dan mengganggu subjek foto, sehingga subjek foto kita menjadi perhatian utama.  Hanya sayangnya, lensa-lensa yang sudah dirancang khusus untuk foto portrait biasanya harganya lumayan mahal. Kalo mau tahu, silahkan cek harga lensa-lensa fix 85mm F1,8 atau 135mm F2,8 yang dirancang khusus untuk foto portrait,..hmm. Harganya lumayan kan!

Full Face masih sangat memadai dengan Lensa Fix 50mm, karena masih dalam jangkauan fokusnya.

Tapi, jangan patah arang,..apabila anda mempunyai kamera DSLR kelas pemula atau menengah, di mana format sensornya tidak full frame,..anda akan mampu membuat foto portrait yang bokeh dengan lensa yang murah meriah.

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Begini ceritanya. Kamera DSLR kelas pemula dan menengah, biasanya mempunyai koreksi pada lensa yang terpasang (tidak full frame). Silahkan lihat buku manual DSLR anda. Biasanya koreksinya antara 1,5 sampai 1,7 kali. Artinya,..Berapapun FL lensa yang ada pasang di DSLR anda sebenarnya ia harus dikalikan nilai koreksinya. Misalnya, kalau anda pasang lensa dengan FL 50mm, apabila DSLR anda mempunyai nilai koreksi 1.5,..ini berarti anda sedang menggunakan lensa dengan FL 50mmx1.5 = 75mm.

Foto half body bisa tampil okeh banget dengan lensa fix 50mm

Kelemahan inilah yang menjadi keuntungan bagi anda pencinta foto portrait. Dari pada harus beli lensa-lensa mahal yang khusus portrait. Kita dapat menggunakan lensa fix 50mm F1.8 untuk kegiatan foto portrait. Lensa ini harganya sangat ekonomis tetapi mempunyai kualitas optik yang cukup baik. Dengan nilai koreksi DSLR yang ada, lensa fix 50mm, telah menjadi lensa dengan FL yang cocok untuk foto portrait, yaitu 75mm  (rentang FL ideal untuk portrait adalah 70-135mm).

Foto full body, subjek tetap tampil tajam dengan latar belakang yang blur

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Lensa fix 50mm F1.8 dapat diaplikasikan untuk  foto portrait dengan konsep full face, half body sampai dengan full body. Dan yang penting, dengan aperture terbesar 1.8 efek bokehnya hmmm,…tidak kalah dengan lensa-lensa mahal yang memang dikhususkan untuk foto portrait.

Foto portrait dengan menyertakan Bahu, subjek tetap tampil tajam dan latar belakang blur…hmm, semua bisa dengan lensa Fix 50mm F1.8 yang murah meriah itu.

5 thoughts on “Foto Portrait dengan Lensa fix 50mm F1.8”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s