Beberapa kesalahan mendasar ketika memotret anak-anak


Orang tua mana yang tidak suka melihat anak-anaknya tampil indah, alami dan menarik dalam bingkai foto. apalagi yang memotret adalah orang tuanya sendiri. Anak-anak usia kelas 2 SD ke bawah memang subjek foto yang luar biasa. Dengan kepolosan dan mimiknya, bisa menghasilkan karya foto yang indah sekali.

Saat ini, bukan pemandangan yang asing, apabila kita menemui ibu dan ayah terlihat kompak dan antusias untuk memotret anak-anak mereka.  Ayah pegang kamera dan ibu menjadi pengatur pose sang buah hati.Kadang anaknya sampai bingun musti memandang ke mana? ke ayah yang pegang kamera atau ibu di sampingnya yang teriak-teriak…cis-cis-cis sayang….mana senyum genitnya…hahaha.

Sudut pengambilan foto yang sejajar, membuat anak-anak tampil utuh, setara dan proporsional

Tetapi sayangnya, sering kali hasil fotonya tidak seindah suasana ketika pemotretan berlangsung. Misalnya senyum sang buah hati terlihat dipaksakan, karena harus ikut komando sang bunda. Atau kualitas teknis foto yang tidak baik, misalnya tidak fokus atau hasil foto blur.

Nah, untuk itulah, saya coba inventarisir beberapa kesalahan mendasar yang masih banyak dilakukan oleh fotografer-fotografer keluarga,…mudah-mudahan kita bisa belajar dari kesalahan dan segera menghasilkan foto-foto anak yang indah.

Biarkan mereka bermain dengan dunianya, kita tinggal memotret dengan cara yang tepat agar hasil fotonya indah

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Kesalahan pertama adalah lemahnya pemahaman atas “teknik dasasr fotografi”. Sang fotografer keluarga harus mempunyai kompetensi teknik dasar fotografi. Karena sepertinya, susah sekali menghasilkan foto yang indah, kalau skill teknik dasar fotografinya masih amburadul.

Kesalahan kedua adalah penentuan sudut pengambilan gambar.  Tinggi anak-anak kelas 2 SD ke bawah, biasanya berada jauh di bawah tinggi orang tuanya. Nah, di sinilah letak salahnya. Sang fotografer, memotret dengan posisi berdiri sehingga sang model yang sudah kecil itu, akan terlihat lebih kecil lagi,…dan mimik mukanya nyaris tidak terlihat. Tanpa perencanaan dan pose khusus, foto anak dengan sudut pandang seperti ini, susah menjadi foto yang istimewa karena sudut pandang seperti itu merupakan normalnya kita melihat mereka setiap hari.

Pemahaman teknik dasar yang baik dapat menghasilkan foto yang lain dari pada yang biasanya.

Kesalahan ke tiga adalah kita memaksakan kehendak untuk mengatur pose atau mimik mereka. Sejatinya, Anak-anak secara alami sudah berpose secara fotogenik. Kadang orang tuanyalah yang menyebabkan mereka bingung harus berposes seperti apa. Walhasil, foto anak menjadi tidak alami dan cenderung klise bagusnya. Biarkan mereka dengan dunianya, tugas fotografer keluargalah yang memotretnya dengan menentukan momen-momen mana dan seperti apa yang paling fotogenik.

Sekali lagi, Sejajarkan  kamera dengan ketinggian mereka, maka hasil foto anak-anak kita akan lebih indah

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Okeh, mudah-mudah artikel ini berguna, dan anda segera dapat membuat foto-foto indah anak-anak anda.

Terus memotret dan Salam.

Budi Purnomo (Pengelola fotoindah.com)

4 thoughts on “Beberapa kesalahan mendasar ketika memotret anak-anak”

  1. Artikal yg sangat berguna,
    cuma saya kurang jelas dengan 3 kesalahan tersebut.
    apakah ketiga kesalahan tersebut ada pada photo-photo tersebut?
    kelihatannya sih photo-photo tersebut cukup bagus dan tidak menunjukkan 3 kesalahan tersebut.

    sebaiknya ditampilkan contoh photo yang salah.
    Tks.

    1. Foto-2 di atas adalah contoh yang sudah terbebas dari 3 kesalahan mendasar tersebut P Taufik…Sy pengen kasih contoh foto yang salah,..cuma sy cari di stok foto saya….engga ada..Btw, terima kasih atas masukannya. Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s