ber “HDR” ria


Teknologi fotografi digital memang benar-benar luar biasa. Salah satu yang paling saya suka adalah High Dynamic Range (HDR). Kita kadang tidak puas dengan kemampuan kamera atau sensor dalam merekam tone (kecerahan) yang terbatas. Misalnya, ketika memotret outdoor. Tone pada subjek pas, eh langitnya terlalu over sampai tingkat high light (putih tanpa detil). Mau bela’in langit agar tampak biru padat, eh datarannya tampak hitam kelam. Nah, teknologi proses foto dengan HDR lah solusinya. Sesuai namanya, hasil foto yang telah di “HDR” kan, mampu memunculkan detil elemen foto dengan rentang kecerahan yang luas.  Kita bisa dapet langit biru dan kecerahan detil pada daratan sekaligus, tidak ada yang perlu dikorbankan lagi…hmmm, nyaman kan!

Memang ada pro dan kontra terkait dengan HDR. Mereka yang pro HDR bilang, foto menjadi lebih hidup, kedalaman muncul bagus dan hasil foto menjadi lebih menarik dan nyeni. Sementara mereka yang tidak setuju berpendapat, HDR sudah keluar dari jalur fotografi,…terlalu lebay dan tidak realistik!….Ya, semua terpulang pada kita.

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Untuk meng “HDR” kan hasil foto kita, membutuhkan material atau bahan baku foto yang baik. Karena, tidak selalu, semua foto yang di HDR kan menjadi baik.  Foto yang sudah baik dan indah, apabila diproses HDR dengan baik, akan menghasilkan foto yang lebih indah lagi. Sejatinya, semua hasil foto dapat di HDR kan. Tetapi, para HDR mania hampir semua setuju, bahwa foto-foto jenis landscape atau arsitek sangat cocok sekali tampil dengan versi HDR.

Dibutuhkan aplikasi atau software khusus untuk mengHDRkan hasil foto kita. Yang paling umum dipakai adalah photomatix. Dengan software ini kita bisa mempasrahkan hasil foto kita untuk diproses menjadi format HDR. Selanjutnya, tinggal dipoles sedikit menggunakan aplikasi foto yang umum semisal photoshop atau yang sejenisnya.

Yuuk, belajar fotografi online dengan modul yang komplet, jelas dan mudah di www.fotoindah.com

Saya cukup ketagihan dengan sensasi HDR, karena hasilnya benar-benar lebih hidup dan indah dipandang.

Bagaimana dengan anda….?

2 thoughts on “ber “HDR” ria”

  1. kamera saya nikon 3100 gak ada fasilitas untuk foto HDR, apakah dengan hanya satu foto saja bisa menghasilkan foto HDR melalui olah software seperti photoshop?..maaf saya pemula banget di fotografi.
    makasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s