Memotret Kupu-kupu


Memotret kupu-kupu hidup yang terus bergerak di area terbuka ternyata tidak terlulu mudah. Seperti kegiatan lain, kita dituntut sabar dan menikmati sesi pemotretnnya. Tetapi, di situlah letak seni dan tantangannya. Kita tetap dapat mendapatkan foto indah kupu-kupa tanpa harus membunuhnya.

Berikut beberapa tips yang sudah yang lakukan untuk memotret kupu-2 liar yang berukuran sedang (kurang lebih dengan bentang sayap sekitar 7-12 cm) di alam terbuka.

Peralatan yang dapat digunakan:

1. Kamera, DSLR atau prosumer yang ada fasilitas zoom.

2. Lensa tele minimal 200mm.

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

 

Waktu pemotretaan: sebaiknya pagi hari mulai jam 6.30 sampai dengan jam 9 (untuk mendapat cahaya yang masih belum terlalu keras dan menghindari angin)

Mode Pencahayaan:  bisa pilih mode prioritas kecepatan (S) atau manual dengan speed minimal 1/200 detik (untuk menghindari getaran tangan, karena kita memotret kupu-2 tidak menggunakan tripod)

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Ini tips yang penting!

  1. Pilih posisi di dekat kumpulan bunga atau tempat di mana kupu-2 terlihat berkunjung ke situ. Pastikan anda dapat memfokuskan dengan baik. karena lensa tele 200mm punya jarak fokus minimal yang agak jauh. Kita harus menunggu dengan sabar di tempat yang telah kita pilih. Kupu-2 akan santai saja mendekati kita dan terlihat enjoy ketika di foto, apabila kita sudah berada di lokasi tersebut sebelumnya. Ini agak berbeda, kalau kita yang mendekati, biasanya ia akan kabur sebelum kita sempat memotretnya.
  2. Ini tips pentingnya (ini rahasia yah!). Ubah shooting mode kamera anda! ambil pilihan kemampuan maksimum kamera anda dalam melakukan pemotretan dalam 1 detik. Kalau anda biasa menggunakan mode single shooting,..pilih ke multiple/continuos, misalnya menjadi 5 frame per detik. Artinya, anda dapat memotret 1 detik dengan lima jepretan. Ini sangat diperlukan, karena sangat sulit sekali mendapat hasil foto dengan fokus yang benar-benar pas. tangan kita bergoyang/bergetar, begitu juga kupu-kupunya. Intinya, begitu dapat momen dan pencahayaan yang sudah tepat,…berondong saja kupu-2 anda dengan sebanyak-banyaknya jepretan yang kamera anda sanggup. Jadi kita punya PR ketika sampai rumah. Menyeleksi dari puluhan bahkan ratusan hasil foto kita. Masak sih, kita tidak mendapat beberapa hasil foto yang benar-benar inda, fokus dan tajam sesuai selera kita)
  3. Jangan terus-terusan memotret sambil berdiri! kita bisa duduk, nungging, jongkok bahkan tiarap! demi mendapatkan sudut pandang terbaik.
  4. Hati-hati dengan latar belakang!, Biasanya kita hanya fokus sama kupu-kupunya, sehingga latar belakang tidak diperhatikan.
  5. Bawa minum! karena agak pegel dan kita terpapar panas dalam waktu yang cukup lama (mungkin sekitar 30 menit sampai 1 jam). Jangan lupa minum…ini simpel, tetapi cukup membantu kita untuk tetap fit dan konsentrasi serta enjoy.

OK, Semoga bermanfaat dan selamat hunting kupu- kupu.

One thought on “Memotret Kupu-kupu”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s