Menjadi Stobist Mania, siapa takut?


Masih asing dengan istilah strobist?, ini keterangan yang singkat tapi to the point yang saya ambil dari mlmfoto.com.

Strobist berasal dari kata strobe, yang dalam istilah fotografi berarti alat yang memproduksi cahaya secara terus menerus. Dengan bahasa yang lebih populer Strobist adalah fotografer yang senang menggunakan flash (blitz) secara off-camera. Jika umumnya, di masa sebelumnya orang menggunakan flash dengan cara diletakkan diatas hot-shoe kamera, maka para strobist menggunakan flash dengan jarak tertentu dari kamera.

Secara umum, strobist dapat didefinisikan sebagai teknik pengambilan gambar atau foto menggunakan flash/blitz secara off-shoe atau off-camera. Teknik strobist ini memungkinkan flash untuk dapat ditrigger di mana pun tanpa harus terpasang pada hot-shoe tersebut. Keuntungan dari teknik ini adalah kita bisa memposisikan satu atau lebih flash di mana saja untuk mengatur arah, intensitas, cahaya untuk menghasilkan pencahayaan yg kita inginkan. Dewasa ini, strobist makin digandrungi karena kemampuannya menghasilkan efek cahaya yang lebih baik dan dramatis.

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Kalau anda hobi fotografi luar ruang ternyata menjadi strobist mania, kayaknya  mutlak dan harus deh! Karena, kadang, kita diposisikan pada situasi dan kondisi pencahayaan yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Wong namanya, fotografi luar ruang, maka sumber cahaya yang paling kita andalkan adalah cahaya matahari. Dan kita tidak bisa sepenuhnya mengatur pencahayaan matahari untuk hasil foto yang kita inginkan. Kita yang harus menyesuaikan. Nah, salah satu teknik penyesuaian yang bisa kita aplikasikan dengan leluasa adalah menggunakan strobe/flash.

Misalnya: kita dihadapkan pada situasi pencahayaan di mana kontras yang terlalu tinggi atau malah tidak ada kontras sama sekali. Nah, di situlah kita membutuhkan sumber cahaya lain yang bisa kita atur sesuai keinginan.

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Apa peralatan yang diperlukan untuk menjadi strobist mania? Simpel saja.

  1. Kamera yang ada hot shoe nya (suatu dudukan yang berfungsi untuk koneksi bodi kamera dengan eksternal flash)
  2. Flash/blizt  eksternal (untuk pemula satu  flash juga sudah cukup)
  3. 1 set Flash trigger (berisikan 1 receiver dan 1 transmitter).
  4. Dudukan flash (bisa dalam bentuk apa saja, asal berfungsi bisa untuk menaruh flash ditempat yang kita inginkan)

Peralatan di atas sudah anda miliki, maka anda sudah bisa mengklaim sebagai strobist mania…hehehe!

Teknik foto nya bagaimana? Sama simpelnya dengan peralatan yang digunakan. Karena intinya, kita tinggal menaruh flash di mana saja sesuai dengan efek arah datang cahaya ke subjek foto sesuai dengan yang kita inginkan. Pokoknya, enjoy deh,…tidak direpotkan dengan kabel dan perlatan yang besar-besar dan berat!

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Kreatifitas anda sebagai strobist mania akan ditantang sekali, karena anda bisa menciptakan efek cahaya sesuai keinginan,…bak foto studio!…dan semakin master anda menggunakan strobe,..semakin butuh anda dengan asesoris lain yang menunjang kreatifitas. Berita baiknya, asesorisnya banyak tersedia di pasar, dengan variasi harga yang disesuaikan dengan anggaran kita! Asyik kan!…selamat mencoba dan menjadi strobist mania!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s