Melatih Mata


Uniknya fotografi adalah ia mampu menangkap spot dari penggalan waktu dan penggalan elemen benda yang terpapar di depan mata kita. Mata kita merupakan sarana utama untuk menangkap spot-spot hasil foto kita. Mata lah yang merekam pertama kali, subjek dan elemen foto kita. Masalahnya adalah mata perlu dilatih untuk dapat dengan cepat menangkap calon-calon hasil foto indah kita. Tidak semua hasil foto yang indah dihasilkan dari subjek atau elemen foto yang terlihat indah secara kasat mata! Kadang banyak calon hasil foto indah lewat begitu saja!

Sensitif terhadap momen

Saya tidak tahu teori bakunya, bagaimana melatih mata agar sensitif meneliti setiap benda, kejadian atau elemen yang dapat menjadi foto yang indah. Tetapi saya yakin, semakin sering kita dengan sengaja melakukan hunting foto, semakin terlatih mata kita! Berikut ini, hanya beberapa hal yang biasa saya lakukan ketika memang dengan sengaja saya berkeliling untuk hunting foto.

Sensitif terhadap warna dan pola

  • Sensitif terhadap warna-warna (baik warna hangat maupun warna gelap).
  • Sensitif terhadap kontras cahaya
  • Sensitif terhadap pola-pola yang unik
  • Sensitif terhadap kesederhanaan
  • Sensitif terhadap momen

Belajar fotografi on line yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Sensitif terhadap kontras cahaya

Sensitif terhadap pola

Sensitif terhadap kesederhanaan

Yuuk belajar fotografi on line yang efektif…Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

4 thoughts on “Melatih Mata”

  1. ayo kita latihan…. pake mata hati bisa gak ya? hehehe

    Thanks infonya Mas Budi, kalo ke Bpp hub saya… insyaallah saya antar puter sambil hunting.

    regards,

    Hendra

Tinggalkan Balasan

