Memotret Lebah atau Tawon


Di mana ada bunga, di situ biasanya ada lebah atau tawon. Tawon memang binatang yang unik dan luar biasa. Bagaimana tidak! Dengan tubuh yang besar dan sayap yang kecil, ia bisa terbang dengan lincah dan melakukan manuver-manuver yang sulit! Untuk, mampu terbang dengan begitu ringannya, kepakan sayap tawon memiliki kecepatan yang luar biasa!  kata Altshuler (peneliti dari AS), setiap satu detiknya seekor lebah dapat mengepak hingga 230 kali! Sy pernah mencoba membekukan kepakan sayap tawon ketika terbang, baru tertangkap dengan kecepatan 1/6000 detik!!!

Tetapi ternyata, kita bisa memotret tawon tanpa harus menangkap atau menghalangi aktifitas mereka. Syaratnya hanya ada kamera digital dan ada bunga mekar yang dikerubungi oleh Tawon serta sedikit kesabaran.

Ada dua momen memotret tawon yang bisa kita ambil:

1. ketika tawon terbang di sekitar bunga (nah, ini momen tersulit dan membutuhkan kesabaran yang lebih). Tapi kalau sabar, sebenarnya, tawon ketika terbang, ada momen tertentu di mana sang tawon diam sejenak di udara! Nah, itu momen yang paling tepat untuk memotretnya.

2. ketika tawon hinggap di bunga. Ini relatif lebih mudah memotretnya, karena tawon dalam posisi diam dan tidak terbang.

kesulitan utamanya adalah memfokuskan pada sang tawon yang terus bergerak lincah!

Ketika hingga seperti ini, memotret menjadi lebih mudah!

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Berikut cara saya memotret tawon:

  • Saya pakai DSLR dan lensa makro. Auto fokus saya matikan, jadi saya memotret dengan  fokus manual. Ini saya lakukan, karena agak sulit memotret dengan autofokus dengan subjek foto yang kecil dan bergerak lincah. Pencahayaan manual dan saya prioritaskan pada speed yang agak tinggi, agar hasil foto tidak blur karena getaran tangan saya.
  • Saya pilih memotret pagi hari dengan kondisi sinar matahari yang cerah! beberapa foto, saya tambahkan Flash, agar lebih cerah!
  • Sebelum memotret dan pilih posisi wuenak (PW), saya perhatikan dulu pergerakan tawon-tawon dan posisi bunga-bunga yang dikunjungi. Pilih satu bunga yang punya potensi bagus secara komposisi. Setelah itu,mulai fokuskan kamera ke arah bunga dan sabar menunggu tawon-tawon yang bersedia mampir.
  • Begitu ada tawon yang mampir, langsung memotret sebanyak mungkin !!!!

Kedua foto ini,diambil dengan menggunakan Flash, agar dapat memberikan cahaya tambahan!

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

2 thoughts on “Memotret Lebah atau Tawon”

Tinggalkan Balasan

