Pahami Teknik Dasar Fotografi


Memahami teknik dasar membuat memotret menjadi lebih mudah dan memuaskan

Belum lama ini, saya membaca komentar pada sebuah foto yang ditampilkan oleh seseorang di salah satu grup hobies fotografi di Face book. Si pengomentar memberi komen kurang lebih seperti ini, “kalau boleh saran .. coba ubah metering nya dengan metering spot dengan S: 120 F:5,6 ISO : 400 dengan kondisi cuaca agak mendung”. Sarannya cukup bagus, hanya terus terang, ini punya kesalahan yang sangat mendasar sekali. Mengapa saya bilang seperti itu? Karena urusan setting pencahayaan sebenarnya urusan selera dan tergantung sekali pada fotografernya.  Karena setiap setting pada ISO, F atau S mempunyai implikasi yang berbeda pada hasil foto kita.

Memotret dengan Kamera Digital memang menjadi lebih mudah dan terlihat simpel saat ini,…anak balita pun bisa memotret dengan kamera digital. Fokus otomatis, pencahayaan otomatis, flash muncul otomatis kalau cahaya kurang, framing sebelum memotret sudah tampil di LCD,…tinggal tahu di mana letak tombol untuk memotretnya,,,selesai sudah! Hasilnya, secara umum bagus,..tajam dan jelas! Belum lagi untuk kamera-kamera prosumer dan DSLR, saat ini sudah dengan lengkapi dengan mode pencahayaan yang tematik sesuai kondisi pemotretan. Misalnya untuk memotret kegiatan olah raga, motret orang, close up dan lain-lain.  Jadi, lengkap sudah, alasan untuk mempelajari sedikit ilmu mengenai teknik-teknik dasar fotografi. Buat apa susah-susah mikir, wong semua sudah ada di komputer kamera digital! Tapi anehnya, kamera yang sama dengan subjek foto yang sama, biasa lebih menghasilkan karya foto yang indah kalau berada di tangan yang tepat. Yaitu mereka yang sudah memahami teknik-teknik dasar fotografi!…Karena, sejatinya ia tidak mau menyerahkan semua hasil fotonya pada kamera. Ia lah yang harus menjadi boss atas kameranya. Fasilitas yang ada digunakan secara optimal sesuai dengan pemahaman atas teknik dasar dan fitur kamera. Perbedaan ini lah yang membuat hasil foto bisa berbeda jauh!

Yuuk belajar fotografi online yang efektif… Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Teknik-teknik dasar apa saja yang minimal dipahami? menurut saya sih ada tiga hal penting:

1. Fitur Kamera Digital yang kita punya. Pelajari secara serius Manual Kamera Digital, adalah langkah awal yang bijaksana.

2. Pahami segala hal terkait dengan pencahayaan (exposure). Aperture (lubang diafragma), Speed, ISO dan White balance serta histogram.

3. Pahami aspek-aspek yang membuat foto menjadi indah dan dramatis. ini meliputi pemahaman atas cahaya dan karakteristiknya, komposisi, elemen-elemen pembentuk foto, proses pasca pemotretan dan lain-lain.

Apakah terlihat ribet?…Ya, di awal dan akan akan menjadi mudah, begitu kita memahami dan sering menjalankannya. Persis sama analoginya dengan menyetir mobil. Terlihat rumit ketika belajar dan menjadi mudah dan otomatis begitu kita sering menyetir mobil!

Yuuk belajar fotografi online yang efektif… Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Ok, mudah-mudah bermanfaat dan terus memotret yaaaahhh.

2 thoughts on “Pahami Teknik Dasar Fotografi”

  1. komposisi dan pencahayaan memang selera dari pemotret, oleh karena itu foto disebut tergolong dalam hak cipta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s