Pohon Asem


Saya sudah berinteraksi lama dengan pohon asem (tamarindus indica). Sejak tahun 2000 saya mulai mencintai Bonsai, dan Pohon asem merupakan salah satu pohon favorit untuk dijadikan Bonsai. Batang yang bertekstur dengan percabangan yang banyak, serta jenis daun yang kecil-kecil sangat memenuhi syarat untuk dijadikan pohon hias nan kerdil itu.

Di alam, pohon asem ini bisa tumbuh besar dan rimbun. Bahkan dibeberapa ruas jalan dengan pohon Asem yang digunakan sebagai pohon pelindung dipinggirnya, Pohon-pohon itu tumbuh gagah dan memberikan keteduhan dan keindahan.

Saya ternyata memiliki beberapa foto yang diambil di berbagai tempat dengan subjek utama pohon asem. Pohon asem tampil sendiri atau berkelompok, tetap menunjukkan karakter yang kokoh dan indah sebagai subjek foto. Untuk menunjukkan skala besarnya pohon asem, biasanya saya selalu menyertakan subjek lain (apa saja, asal sesuatu yang semua orang/pemirsa sudah tahu skala “besar” nya benda itu).

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Jadi, kalau pergi ke suatu tempat, apabila ada pohon asem yang besar dan fotogenik untuk difoto, tidak ada salahnya berhenti sebentar untuk memotretnya.

Tinggalkan Balasan

