Garis Horizon


Garis horizon biasanya selalu muncul ketika kita melakukan foto pemandangan. Apapun pemandangan itu! Yang paling sering di analogikan kalau kita berbicara garis horizon adalah garis laut, karena memang garis horizon yang dibentuk dari garis laut memang sangat jelas dan tegas sekali. Tetapi, garis horizon dalam foto pemandangan bukan hanya itu lho! Kadang garis horizon dibentuk dari sederetan ujung-ujung pepohonan di latar belakang foto kita. Pokoknya apapun itu, selagi ia membentuk pemisah atau batas antara daratan/bumi dengan langit, ia kita sebut dengan garis horizon.


Garis laut adalah contoh garis horizon yang sangat jelas dan lurus

Peran garis horizon dalam foto kita ternyata sangat penting. Itu sebabnya, para fotografer profesional sangat teliti sekali dalam menempatkan dibagian mana garis horizon diletakkan. Yang jelas, menempatkan garis horizontal tepat di tengah-tengah bingkai foto, sangat dihindari! Karena, akan membuat hasil foto menjadi “kaku dan tidak dinamis”.

siluet dan pucuk-pucuk pepohonan pun bisa menjadi garis horizon

Pertanyaannya sekarang, kalau tidak boleh ditempatkan di tengah, di mana garis horizon harus ditempatkan? apakah agak ke atas? atau malah agak ke bawah? Sebenarnya letakkan saja garis horizon sesuai selera kita, …di manapun itu, asal jangan pas di tengah-tengah.

Menempatkan garis horizon di posisi paling atas, membuat daratan menjadi dominan dalam foto anda. Artinya, pemirsa foto akan menjelajahi semua elemen yang ada di daratan, sebelum mata mereka istirahat di garis horison yang berada di ujung.  Konsekwensinya, kita harus mengatur benar-benar elemen-elemen yang ada di daratan tersebut. Foto menjadi lebih dinamis dan hangat, karena langit hanya tersisa sedikit saja!

Garis horizon ditempatkan di ujung atas, membuat kita, mau-tidak mau mengeksplor semua elemen yang ada, sebelum sampai ke garis horizon

Menempatkan garis horizon di posisi paling bawah, akan membuat langit menjadi dominan. Artinya, akan banyak sekali space kosong dalam foto kita. Pemirsa, cepat sekali mengistirahatkan matanya dan hasil foto cenderung santai, teduh dan nyaman. Supaya lebih dinamis, carilah momen di mana, awan atau langit tampil dramatis!

Menempatkan garis horizon di area paling bawah bingkai foto, membuat hasil foto lebih cool dan calm

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Mana yang anda pilih? its up to you!

2 thoughts on “Garis Horizon”

  1. Tks artikelnya
    selain masalah penempatan di atas atau di bawah, apakah garis horizon itu harus lurus? memang banyak yg mengatakan bahwa sebaiknya garis horizon itu lurus jangan miring/horizontal. benarkah begitu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s