Sunset di Danau Cibeureum-Grand Wisata Bekasi


Setelah gagal mendapat sunset pada percobaan pertama. Ketika melihat udara cerah dan sedikit berawan pada jam 17,…feeling saya jalan! Kayaknya, akan ada sunset yang indah neh! Langsung berkemas, dan menyiapkan gear. 1 DSLR dengan 2 lensa (11-16mm dan 24-50mm)…mau bawa tripod, gak cukup tempatnya dan agak ribet, karena saya akan naek motor ke Danau Cibeureumnya.

ini sekitar jam 17.30 an..matahari sudah berada di pinggir horizon dan warna sudah mulai hangat

Perjalanan dari rumah saya ke danau cibeureum membutuhkan waktu sebentar saja, kurang lebih 15 menit!!! Wow! saya pikir, asyik juga…menemukan momen sunset tidak harus jauh-jauh dari rumah!

Ini sudah menjelang terbenam,…suasana makin terlihat hangat!

Sampai di danau, seperti biasa! Hari Ahad sore,..ruamee banget!  Saya langsung, keliling-keliling sebentar observasi,..mencari lokasi mana yang paling cocok sore itu untuk mengabadikan sunset! setelah sudah terbayang! Saya santai dulu di pinggir danau, sekaligus pemanasan motret-motret orang mancing di pinggir danau dengan posisi matahari ada di samping saya!


Nah, dua foto ini, sudah mewakili,…ketika matahari baru saja terbenam

Momen sunset itu luar biasa cepat nya! langit yang biru cerah dan berawan,…dengan cepat berubah menjadi oranye lalu kemerahan hanya dalam beberapa menit saja!…untungnya, saya sudah membuat rencana, mau di mana saya akan memotretnya!….dengan cekatan, saya berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain,,,dengan motor plus lari-lari kecil!!!!

Untuk masalah teknis, menurut saya simpel ajah! kalau saya lebih suka menggunakan mode pencahayaan manual dan mengandalkan “histogram” untuk menreview dengan cepat ketepatan pencahayaan hasil fotonya. karena tidak ada waktu untuk berlama-lama melototin hasil foto di LCD,…sunsetnya keburu hilang nantinya!

Lensa lebar dan normal saya berfungsi optimal untuk mengambil sudut pandang seperti yang sudah saya rencanakan! Pokoknya kalau motret sunset, kita harus fit, cekatan dan cepat mengambil keputusan!

Keputusan apa yang harus diputuskan dengan cepat?

  • lensa dan sudut pengambilan gambar
  • Menentukan subjek foto dan apa yang ingin kita tonjolkan
  • Ukuran pencahayaan yang sesuai rencana kita (saya sarankan pake manual ajah, biar lebih fleksibel)
  • Meninjau hasil foto kita

.

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Ok,…sebenernya, enaknya kalo motretnya rame-rame…seruuu! lari-larian bareng-bareng hehehe…Anda tinggal diseputaran Bekasi – Tambun…boleh tuh…kita hunting sunset bareng-bareng di danau cibeureum-grand wisata!

7 thoughts on “Sunset di Danau Cibeureum-Grand Wisata Bekasi”

    1. Om Iway,,,semua foto dijepret di danau cibeureum,…warna lebih cerah karena di matangkan dengan sotosop,…selebihnya, keberuntungan, pas sore ke sana, pas lagi sunset yang indah…itu ajah Om Iway!

  1. Om saya masih newbie nih saya baru beli kamera gear saya juga masih standaran pabrik wkkw, saya tinggal di cibitung om kapan2 hunting bareng boleh lah =D , hasilnya keren2 om makasih ya tipsnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s