Long Trek Kalibiru: Berburu Jejak Celeng (2)


(ini lanjutan tulisan perjalanan saya di Kalibiru, Kulon Progo – Jogja)

Setelah sekitar 2 jam perjalanan, dan mulai terasa agak lelah. Eh ternyata, sisa akhir long trek ini luar biasa. Kami melintasi jalan menurun dan…..ketemu SUNGAI !!!! Rasanya gimana gitu! ketika jam 10 pagi, matahari mulai terasa menyengat, lalu bertemu dengan sungai dengan Bebabuan besar dan air yang jernih (pengen, langsung nyempung rasanya). Saya sangka, kami hanya berhenti dan lewat pinggir sungai. tahu-tahu nya, kami harus menyebrangi sungai! weleh-weleh….mantabs! ternyata sungai dengan arus yang tenang itu, tidak dalam, hanya sebatas betis orang dewasa. Jadi, tinggal, lepas sepatu, gulung celana panjang…langsung nyemplung, melintas sungai dengan dasar batu-batu kecil yang licin. Dan, tidak lupa,….cuci muka dan membahasi kepala,…sueger beneeeer!

menyebrang sungai

pake sepatu lagi, setelah nyemplung sungai

berjalan di sela-sela batu besar

ini jalur akhir long trekking,..melewati batu besar dan melintasi sungai nan indah

Lepas dari sungai dan memakai sepatu lagi, kami harus melewati pinggiran tebing batu kecil, guna melewati sungai berikutnya! wuih,…seperti di film-film saja! Untungnya tebing batunya tidak tinggi, hanya sekitar 1 meteran saja, seandainya jatuhpun, masih ke sungai yang dangkal itu!,..tapi, sensasinya seru! Karena kami di kelilingi oleh tebing dan batu-batu yang cukup besar. Kaki menginjak jalur tebing, tangan meraba-raba mencari pegangan…hehehe..Seru!

bayangkan, setelah berjalan 2 jam dan cuaca agak panas eh ketemu sungai seperti ini.

 

tebing di sebelah kiri dan batu besar di tengah sungai

menyusur tebing di pinggir kali

beneran kan,…batunya besar-besar

Selepas itu, trek dinyatakan hampir selesai dan kami beristirahat di Pabrik Minyak Kayu Putih. Oh ya, di pinggiran hutan memang banyak ditemukan pohon kayu putih yang berbatang lembut itu. Setelah menikmati pabrik penyulingan minyak kayu putih, perjalanan dilanjutkan dengan menanjak melewati jalan berbatu menuju jalan utama di pinggir waduk sermo. Di sana, kami sudah ditunggu oleh kendaraan penjemput menuju rumah makan nila goreng, untuk makan siang!…nila goreng plus sambal!!! maknyuuzz.

trekking berakhir di pabrik minyak kayu putih di kawasan Waduk Sermo

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Wah, trekking dengan ending yang bagus sekali! Sungai jernih dengan batu-batu besar dan makan ikan nila hasil budidaya masyarakat sekitar di waduk sermo! …Saya hitung-hitung, total waktu yang dikonsumsi selama long trekking ini sekitar 2,5 jam! cukup melelahkan juga, tapi rasa lelahnya ternyata kalah dengan keasyikan dan sensasi yang dirasakan! kayak pengen deh ke sana dan trekking lagi, ngajak keluarga dan temen-temen! MAU?


4 thoughts on “Long Trek Kalibiru: Berburu Jejak Celeng (2)”

  1. kalau gak mau terlalu repot dari jembatan clereng, ke utara 50 m, ada pertigaan, belok kiri, ikuti terus malah lewat kampung terus, jalan aspal sampai kalibiru….dari clereng sekitar 4 km…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s