Motret Serangga Kecil


Foto makro memang mengasyikan, kita tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan subjek foto yang indah. Bermodalkan kejelian dan mengamati miniatur yang ada di sekitar kita. Maka, kalau sedang beruntung, ada saja, subjek foto yang fotogenik untuk diabadikan.

Salah satu yang mudah ditemukan adalah serangga. Macam dan speciesnya banyak sekali. Mereka hidup di mana saja dan yang menarik, biasanya ukurannya mini. Kebetulan, suatu pagi, saya mendapatkan seekor serangga yang mempunyai sungut panjang (saya tidak tahu nama lokal apalagi nama latinnya). Ia sedang asyik menempel di ujung pucuk-pucuk bibit pohon yang  sedang saya semai.

Peralatan standar foto makro saya siapkan. Tripod, Dslr dan lensa makro. Karena kesulitan mendiamkan dia, setiap didekati oleh lensa, dia selalu jalan atau menghindar. Akhirnya saya putuskan memotretnya dari atas saja dan menggunakan lensa 80-200mm yang saya tambah dengan extension tube, agar saya tidak terlalu dekat dengan dia.

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Seperti yang sudah-sudah, kesulitan memotret serangga kecil yang hidup di habitatnya,…ia selalu bergerak, plus di tambah gerakan angin, serta sulitnya memfokuskan karena kecilnya ruang tajam. Tapi, itulah seninya foto makro! Dapet, sudut yang bagus, eh fokusnya kurang pas, sehingga hasilnya tidak tajam!…memang harus SABAR!

One thought on “Motret Serangga Kecil”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s