Motret Jamur


dominasi warna coklat gelap, membuat kesan misterius

Jamur atau cendawan biasanya tumbuh subur pada saat musim penghujan seperti sekarang ini. Saya tidak ahli jamur, dan tidak tahu jenis-jenis jamur. Saya hanya surprise, ketika pada suatu pagi, saya mendapatkan segerombolan jamur tumbuh di salah satu pot besar bonsai saya. Terlihat fotogenik sekali! Jamur dengan payung-payung berwarna coklat gelap dengan batang putih bersih dan tumbuh di atas hamparan pasir malang yang berwarna hitam.

lucu kalau bergerombol seperti ini

Langsung saja, saya siapkan peralatan foto makro. Dslr Nikon D70, lensa nikkor 80-200, nikon extention tube 27,5mm dan tripod besar yang kokoh! Lho kok foto makro pakai lensa medium tele?…bisa saja, karena saya sambung dengan extention tube…Apa untungnya? Keuntungan yang saya dapat adalah jarak pemotretan tidak perlu terlalu dekat!

bermain ruang tajam

Yuuk belajar fotografi yang efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di  fotoindah.com

Mulai deh sesi pemotretan! setting pencahayaan Manual dengan mengutamakan ruang tajam luas. Cari sudut terbaik, lalu pasang di tripod dan…jepret-jepret dan tidak lupa melakukan bracketing! Oh, ya karena lokasi jamur di bawah (karena saya tidak kuat mengangkat pot bonsai yang besar itu), dan saya ingin memotret dengan sudut pandang sejajar, maka tripod saya set datar dengan tanah! Motretnya…sambil tiarap! hehehe, karena Nikon D70 masih jadul, sehingga mau tidak mau previewnya harus melalui view findernya! …di situlah letak serunya foto makro!

6 thoughts on “Motret Jamur”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s