Pohon Tunggal


Sering, secara tidak sengaja, kita terkagum-kagum pada sosok pohon besar yang terlihat gagah. Biasanya pohon besar itu, lebih terlihat kokoh dan gagah (robust) apabila ia tampil menyendiri atau sendirian dan berada di area yang lapang. Kondisi yang ideal seperti itu, benar-benar mampu menampilkan karakter pohon tunggal yang besar tersebut menjadi sosok “pohon” yang lain dari yang lain.

Untuk kita yang senang motret,…jangan sia-siakan subjek foto ini nih! Mari kita tampilkan sosok pohon tunggal ini menjadi karya foto yang indah.  Saya yakin, kalau kita fokus nyari subjek foto berupa pohon tunggal, tiba-tiba akan banyak pohon tunggal yang siap untuk foto di sekeliling kita!!!


pohon asem yang indah,..lokasi di tengah-tengah sebuah perumahan

Secara umum, tentunya kita perlu lensa wide untuk dapat memotret keseluruhan bagian dari pohon tunggal kita. Seberapa wide lensa yang dibutuhkan? ya, tergantung seberapa besar pohon dan seberapa jauh/dekat pohon bisa kita foto secara tunggal (tidak menyertakan pohon lainnya)…logikanya, semakin wide lensa kita, maka kerja kita akan semakin mudah!

Pohon jangkung di pinggir lapangan bola

Pagi hari saat matahari masih bersinar keemasan adalah waktu yang tepat untuk memotretnya pohon tunggal kita. Carilah sudut pandang di mana matahari berada di samping atau dibelakang kita,..karena kita tidak ingin menampilkan pohon sebagai siluet! Ikut sertakan langit dan dataran! porsi mana yang lebih banyak, tergantung selera kita. Oh ya, agar pemirsa foto kita tahu seberapa besar pohon tunggal yang kita foto, sebaiknya ikut sertakan elemen lain sebagai pembanding, misalnya orang yang sedang bermain atau lewat di sekitar pohon itu.

Pohon di pinggir jalan

Untuk mode pencahayaan,…bebas ajah! bisa mode landscape atau manual!…saya lebih suka setting Manual, agar area mana yang tampil dengan tone yang pas, bisa saya atur!

Mau belajar fotografi yang murah dan efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s