Wisata Erupsi Merapi


Awal tahun 2011, akhirnya kesampean juga saya untuk mengunjungi “hebatnya dampak erupsi Gunung Merapi”.

Tiga foto di atas, diambil di dusun kepuharjo, cangkringan

Sebenarnya ada dua lokasi utama untuk menikmati sekaligus merenungi akibat erupsi Gunung Merapi. Yang pertama adalah daerah sekitar kecamatan Cangkringan. Patokan menuju lokasi ini apabila kita dari arah Jogja adalah Lampu merah Pakem belok kiri, setelah itu, ikuti saja petunjuk arah di sana. Ada beberapa warga yang menyetop kita di tengah jalan untuk meminta sumbangan sukarela. Masuk ke lokasi, kita akan dikenakan retribusi Rp.5 rb/orang. Di daerah ini kita akan disuguhi dengan pemandangan yang membuat miris dan merinding. Bagaimana tidak, kita akan menyaksikan desa-desa yang tertimbun pasir dan batu yang dimuntahkan oleh Gunung Merapi pada 5 November 2010. Tebalnya timbunan pasir dan batu di desa-desa tersebut mencapai 5 meter!!!. Semua desa yang tertimbun adalah desa-desa yang berada di pigir Kali Gendol, yang merupakan aliran utama muntahan material merapi yang panas itu. Di sekitar timbunan pasir dan batu itu,,,kita akan disuguhkan dengan pohon-pohon besar yang kering karena terbakar oleh panasnya material merapi ketika itu. Di dusun kepuharjo, ada beberapa batu yang berukuran jumbo (diameter sekitar 7 meter!!!) yang dimuntahkan oleh Merapi…Wowww…

Berhenti dahulu sebelum sampai di dusun kinahrejo…

Lokasi ke dua wisata erupsi Gunung Merapi adalah Dusun Kinahrejo, dusun tempat tinggalnya Almarhum Mbah Marjidjan yang fenomenal itu. Untuk mencapai lokasi dusun ini, saya menyarankan untuk mengambil jalur yang menuju kaliurang (jangan dari Cangkringan), lalu belok kanan, ke arah Merapi Golf,…setelah itu tinggal ikuti petunjuk yang mengantarkan kita ke Kinahrejo. Retribusi menuju kinahrejo cukup murah, hanya Rp.5 rb begitu juga untuk parkir mobil Rp.5 rb.  Sekitar jalan menuju Kinahrejo, kita akan melihat hamparan bukit pinus yang telah luluh lantah,…terbakar dan tumbang. Begitu juga dengan bangunan-bangunan rumah penduduk di sana sudah tidak ada yang utuh lagi.

Lokasi dusun kinahrejo berada di atas bukit yang hanya berjarak sekitar 5km dari puncak Merapi. Kita harus mendaki bukit sejauh 1 km, kalau mau lihat Rumah Mbah Maridjan….cukup menantang! tapi kalau anda tidak mau capek, tersedia jasa ojek ke atas, sebesar Rp.20 ribu saja! (itu pun sudah termasuk mendapat bonus jasa pemandu wisata). Kondisi Dusun ini, sangat membuat hati miris….semua rata dengan tanah…bangunan, pepohonan, tiang listrik…termasuk rumah dan masjid tempat Mbah Maridjan….

Untuk anda yang berniat untuk hunting foto di area wisata erupsi merapi, pergilah pagi-pagi. Usahakan jam 07 pagi anda sudah disana dan jangan hari libur!!!. Mengapa?

1. Gunung merapi ketika pagi biasanya belum tertutup kabut.

2. kontras cahaya cukup bagus dan warna cahayanya masih hangat.

3. Belum ramai pengunjung dan tidak terlalu panas, sehingga kita bisa menjelajahi area hunting foto yang lebih luas.

4. Khusus untuk Wisata ke Dusun Kinahrejo, saya sarankan,  berhenti dahulu di tengah jalan (jangan langsung ke tempat parkir di dusun kinahrejo)…karena banyak spot foto yang menarik di sana (hamparan pohon-pohon pinus besar yang tumbang, kendaraan yang hangus, kali kuning dan bukit-bukit sekitar)….

Berkunjunglah ke sana,….live show berbeda dengan tampilan di foto atau televisi!,…trust me!

Belajar fotografi murah dan efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di fotoindah.com

6 thoughts on “Wisata Erupsi Merapi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s