Kali Biru,…suasana kampung buat pencinta tantangan!


Desa Kali Biru,,,! mungkin masih asing bagi anda….tentu saja. Desa terpencil ini tadinya hanya desa biasa yang dihuni oleh para penduduk yang bermata pencaharian bertani dan perambah hutan. Walhasil, bukit yang rimbun akhirnya berubah menjadi bukit yang kritis, karena kayu-kayunya dirambah oleh penduduk. Karena kesadaran dari warganya, Desa Kali Biru, berbenah dan menyadari kesalahannya. Sejak beberapa tahun lalu, dengan didukung oleh PemKab Kulon Progo dan LSM sekitar,…bukit tempat tinggal mereka ditanami kembali dengan pohon-pohon kayu endemik,…sehingga Desa yang terletak di ketinggian 500m dpl ini kembali menghijau dengan berbagai macam tumbuhan dan pepohonan.

jalan di atas perbukitan…hmm

Tidak hanya itu, Pemkab setempat juga mendukung keinginan warga kali biru untuk menjadikan desa mereka sebagai Tujuan Wisata bagi para pencinta alam, naturalis, penyuka tantangan dan suasana kampung jawa.  Sejak 2009, sah lah desa Kali Biru menjadi salah satu tujuan wisata di sekitar kota Wates, Kulon Progo – Yogyakarta.

Akhir Desember 2010, saya berkesempatan untuk mengunjungi dan bermalam di KALI BIRU….ini beberapa kesan saya:

1. Bagi anda yang suka tantangan, ini adalah tujuan wisata di Yogyakarta yang harus anda kunjungi,…kenapa? Perjalanan menuju Kali Biru saja sudah menjadi sensasi tersendiri bagi anda. Lepas kota Wates, anda arahkan kendaraan ke arah Waduk Sermo…anda akan disuguhkan dengan sensasi jalanan yang  “pas untuk dua mobil” menanjak dan berliku,….huuyyy. … adrenalin anda terpacu, dengan suguhan perjalanan dan panorama yang menantang ini. Di sepanjang jalan, akan ada penunjuk arah ke Kali Biru.

Rumah Panggung Kayu Alami…itu nama yang saya berikan untuk tempat bermalam di Kali Biru

2. Ada 7 (tujuh) Rumah Panggung Kayu Alami (RPKA) yang bisa kita sewa untuk bermalam di sana. …Dari Tempat parkir kendaraan menuju RPKA, kita akan berjalan sejauh kurang lebih 100m saja,…tetapi, jalannya amat sangat menanjak,…jadi lumayan lah, sebagai pembakar kalori di awal adventure anda di Kali Biru.  RPKA benar-benar orisinil, benar-benar dari kayu dan hanya berdiding bilik bambu, tanpa penyekat dengan luas kurang lebih 2,5×4 meter…wuihhh mantab….anda akan diiringi oleh nyanyian alami dari para musikus alam,…jangkrik dan serangga-serangga lainnya….Jangan kuatir, listrik dan air tersedia dengan baik.

Jalur yang mewah untuk tracking…

3. Tracking, jelajah hutan!!! Lokasi Kali Biru yang diperbukitan dan hutan lindung,…menantang kita untuk tracking!..seberapa jauh anda akan tracking? terserah,..silahkan pilih, ada short, medium and long track! Kalau anda pilih yang short, itupun sudah menakjubkan dan cukup untuk membakar kalori! kebetulan saya juga hanya ikut yang short saja. Dari RPKA tempat saya bermalam sampai dengan Menara Pandang Terjauh…jaraknya mungkin hanya ratusan meter saja,…hanya saja medannya mendaki dan menurun.  sarana tracking sangat mendukung,…mulai dari jalan beton dan keramik yang datar sampai dengan tangga yang tertata rapi. Kita akan menyusur hutan dengan pemandangan yang luar biasa. Hamparan bukit, kota Wates, Waduk Sermo dan Laut Selatan yang membiru. Wah, seandainya saya bermalam lebih lama, saya ingin sekali mencicipi sajian alami menjelajah hutan dengan mengambil long tracking….

huiih…pembakar kalori yang sempurna…tracking yang menanjak!

4. Menara Pandang….Lokasi Wisata Kali Biru, memiliki 4 (empat) Menara Pandang, yang di tempatkan di titik-titik tertentu, yang memungkinkan kita untuk dapat menikmati panorama yang berbeda. Kita bisa menikmati Bukit Manoreh, Waduk Sermo, Kota Jogjakarta, Wates, Laut Selatan dan tentunya Sunset dan Sunrise…ck-ck-ck. Di salah satu menara pandang juga difungsikan sebagai flying fox,…jadi komplit sudah, kalo anda memang suka tantangan!

Menara Pandang berada di puncak-puncak bukit Kali Biru…panorama alam yang indah!

5. Kuliner, Suasana dan Keramahan Desa Jawa…..Kali Biru juga menyediakan sensasi alami untuk lidah dan Jiwa. Kita akan disambut dengan keramahan yang tulus dan alami dari penduduk sekitar yang notabene “merekalah pemilik dan pengelola Kali Biru”.  Kita dapat menikmati sajian yang benar-benar ndeso,…nasi putih pulen dan hangat dengan lele goreng plus sambal khas jawa, yang tidak terlalu pedas dan sedikit manis,…sayur daun singkong, sayur rebung dan yang tidak dapat saya lupakan adalah minuman khas “Legen” yang berasal dari pohon kelapa!

Wah, lima catatan saya di atas, sepertinya masih belum bisa mengekspresikan semua ke khas’an, ke alamian, ke ndesoan dan ke sejukan Kali Biru….dan saya selalu percaya “Wisata Back to Nature” seperti ini yang selalu kita inginkan, untuk merecharge kepenatan dan ke”kota’an kita. …benar-benar stress realease….Mudah-mudahan Kali Biru dengan Penduduknya di sana terus menjaga ke”alamian” dan bisa membantu orang-orang kota yang kelelahan dan ingin sejenak bersatu dengan alam….. Mau?

Belajar fotografi murah dan efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di fotoindah.com

18 thoughts on “Kali Biru,…suasana kampung buat pencinta tantangan!”

  1. pasti akan menjadi referensi sebagai tempat pariwisata baru yang tentunya tak kalah terkenalnya dengan kaliurang, dieng ataupun ketep pass.

  2. wah,,,ingat masa kecil dulu..kayaknya pernah smp ke situ juga,,jaman2nya heyking,,,dah 18 thn,,belum pernah maen k sana,,,,,aku asli cereng

  3. kali biru berbenahlah terus demi alam kulon progo ben terus binangun.dan tentunya masyarakatnya serta wisatawanya ikut perduli dengan lingkunganya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s