Pelabuhan Sunda Kelapa


Ojeg perahu adalah salah satu angkutan umum di Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa, sudah tidak asing lagi! terutama bagi pencinta fotografi. Lokasi ini, sejak jaman dulu, sering dijadikan lokasi hunting favorit! Subjek-subjek foto di sunda kelapa, memang unik, untuk orang Jakarta! Karena, di sanalah  ditemukan puluhan kapal-kapal kayu yang berukuran jumbo! Bukan hanya itu saja, kegiatan para pekerja pengangkut barang juga menjadi atraksi dan subjek foto yang tak kalah menarik.

Aktivitas pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa,…salah satu subjek foto yang fotogenik!

Setelah lebih dari 10 tahun saya tidak ke Sunda Kelapa…November 2010, saya berkesempatan hunting foto lagi ke sana, ternyata, tidak banyak yang berubah!…Sunda kelapa, tetap berisi, kapal-kapal kayu, pekerja dan laut yang dipenuhi sampah!!!

Berapa umur tambatan tali ini?

Sunda kelapa memang lokasi hunting yang murah meriah, anda hanya perlu membayar pass masuk mobil seharga Rp.3.000 saja! dan selanjutnya, silahkan memotret sesuka hati anda! Saya sarankan, apabila anda mau ke sunda kelapa, pergilah pagi hari, karena matahari pagi akan menyinari bagian depan kapal dengan sudut yang bagus dan memberi dimensi pada hasil foto. Bawa masker, lumayan berguna! Karena debu jalan dan semen yang sedang dibongkar cukup mengganggu deh!

Idealnya, kalau ke sunda kelapa untuk hunting foto, anda membawa lensa super wide (11-16mm) dan lensa tele (200-300 mm). Lensa super wide dapat anda optimumkan dengan memotret full frame kapal-kapal kayu  yang sedang bersandar. Lensa tela, sangat berguna untuk mengampil spot-spot dari bagian-bagian kapal atau para pekerja yang sedang bongkar muat barang . Nah, kali ini saya sengaja tidak mau menggunakan lensa sudut lebar,…Saya akan  menggunakan lensa vario kesayangan nikkor 80-200mm f/2,8…memang saya tidak dapat memotret kapal kayu dengan efek distorsi dan unik. Tetapi, dengan keterbatasan sudut pandang lensa yang sempit, saya dipaksa untuk fokus, mencari subjek foto yang nyeni yang ada di sela-sela kapal, pelabuhan, pekerja dan apapun yang ada di sana. Hasilnya? ternyata cukup banyak, spot-spot yang menarik!

ternyata di sela-sela kapal kayu besar, ada celah-celah yang bisa dijadikan subjek foto

Belajar fotografi murah dan efektif?  Saya sudah buatkan khusus untuk anda, lihat caranya di fotoindah.com

dapet spot untuk motret kapal kayu secara utuh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s