Sleman – Jogjakarta


Inilah suasana desa di daerah sekitar Tempel – Pakem

Melihat tayangan di televisi mengenai situasi wilayah Sleman yang terkena debu vulkanik erupsi Gunung Merapi 2010, sungguh membuat hati menjadi miris. Saya kenal sekali daerah sekitar tempel – Pakem. Karena salah satu dusun di daerah Sleman antara jalan Tempel menuju Pakem  adalah kampung halaman saya. Sejak tahun 2006 sampai dengan awal 2010 lalu, saya selalu silaturahim dengan sanak saudara di sana.  Berkunjung ke Tempel sudah jadi satu agenda tahunan keluarga kami.

ini ciri khas tempel-pakem, banyak desa wisata, jalan yang mulus dan sungai yang masih jernih

Di sekitar Tempel – Pakem, adalah daerah yang sangat subur sekali. Hawa yang sejuk ditambah struktur tanah yang berpasir menjadikan daerah ini cocok sekali untuk budidaya Salak Pondoh. Itu sebabnya, daerah tempel sangat terkenal sekali sebagai sentranya salak Pondoh. Kalau kita berkeliling desa di sekitar Tempel-Pakem, mata kita akan dimanjakan dengan hamparan hijaunya daun-daun Salak yang menjuntai gagah dan berjajar teratur. Belum lagi, kalau kita menikmati salak pondoh madu (jenis salak pondoh varitas unggul) yang masih fresh, baru dipetik dari pohonnya,,,Wah…luar biasa sekali. Di tambah lagi, Air di semua aliran sungai di sekitar Tempel – Pakem  masih bening, dingin dan segar. Anak-anak saya selalu minta ada sesi mandi di kali yang jernih itu, ketika kami berkunjung ke sana.


Insya Allah, semuanya kembali normal…

Ini kondisi salah satu spot di daerah sekitar Tempel-Pakem Awal November 2010 (foto kiriman dari Mba Iin)

Jarak Tempel-Pakem ke Gunung Merapi sekitar 15-20km. Ketika langit sedang cerah, dengan mudah kita dapat memandang gagahnya gunung ini. Sekarang (Nov 2010) daerah ini, masuk dalam daerah bahaya, karena abu vulkanik memang sudah deras menutupi daerah ini. Hamparan perkebunan salak pondoh yang hijau, sekarang berubah menjadi hamparan dedaunan yang tunduk layu tertimbun abu vulkanik Merapi. Suasana desa sekarang lengang karena ditinggal warganya yang pergi mengungsi….Insya Allah, apabila semuanya sudah kembali normal, Warga Tempel-Pakem dan daerah-daerah lain yang terkena dampak Erupsi Gunung Merapi mampu bangkit kembali seperti sedia kala….Amin.

Belajar fotografi murah dan efektif?  Saya sudah buatkan untuk anda, lihat caranya di fotoindah.com

3 thoughts on “Sleman – Jogjakarta”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s