Subjek Foto Anda!!!


Setiap kali memotret, pasti ada “sesuatu” yang akan menjadi subjek foto, apapun itu! Subjek foto bisa apa saja atau siapa saja. subjek foto juga bisa tunggal atau lebih dari satu (banyak). Jadi, jangkauan mengenai subjek foto ini sangat luas sekali. Tergantung kita melihatnya dari sisi mana. Nah, kali ini, saya akan berbagi mengenai karakteristik subjek foto kita secara umum ditinjau dari segi dinamikanya. Apa maksudnya?, mari kita ulas.

subjek foto dinamis, perlu gerak cepat dalam membekukan momen,,,telat sedikit momen hilang!

Type pertama dari subjek foto kita adalah Subjek yang dinamis. Maksudnya, subjek foto kita ini, mampu bergerak dan berubah karena pergerakannya. Misalnya: memotret mahluk hidup (misalnya: orang, fauna, peristiwa/event, kendaraan yang sedang bergerak dan lain lain).  Untuk menghasilkan foto yang baik pada subjek jenis ini, tentunya memerlukan pengenalan yang baik atas subjeknya, kemana arah geraknya, mimiknya, posenya,  kecepatan geraknya, serta kadang kita perlu memotretnya secara cepat. Secara umum, teknik foto subjek jenis ini, perlu kerja lebih keras dibanding subjek kedua (subjek non dinamis). Kalau subjek bisa kita atur, maka atur lah!, Kalau subjek tidak bisa kita atur, maka tidak ada jalan lain, kita yang harus selalu siaga untuk menentukan setting pencahaan kamera dan kapan waktu yang tepat untuk memotret subjek dinamis kita.

subjek dinamis,,,hasil fotonya pun ikut dinamis!

Tipe kedua adalah subjek non dinamis. Yang masuk dalam kategori ini, misalnya: gedung, pemandangan dan benda mati lainnya. Memotret subjek ini, seharusnya bisa menghasilkan karya foto yang lebih baik, karena subjeknya statis, jadi kita punya banyak waktu untuk mempelajari, menentukan ukuran pencahayaan, memilih sudut pandang dan persiapan-persiapan lainnya. Tidak perlu terburu-buru, semua keputusan dan mau apa hasil foto ada ditangan kita, subjek foto selalu menanti dengan tenang!.

subjek statis, lebih memudahkan persiapan dan pengaturan…

Para fotografer profesional selalu mengingatkan bahwa salah satu teknik untuk meningkatkan kualitas hasil foto kita adalah dengan mengenali subjek kita dengan baik….jadi, tidak ada alasan bagi kita, untuk mulai secara serius membuat konsep foto yang bermula dari pengenalan yang baik atas calon subjek foto kita, apapun itu!

Ok, semoga bermanfaat, terus lah memotret sobat!

Mau belajar fotografi murah dan efektif? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s