Motret Acara Panggung di Sekolah…


Dengan lensa tele, memberi hasil yang optimum…

Perkembangan fotografi digital yang paling terlihat  adalah ketika ada acara panggung di sekolah. Bagaimana tidak, makin ke sini, apabila ada acara panggung anak sekolah,,,ck-ck-ck, orang tua berbondong bondong, berdesak-desakan di depan, kiri dan kanan panggung untuk memotret anak-anak mereka yang tampil.  Berbagai macam kamera digital keluar,,,mulai dari pocket, prosumer sampai dengan DSLR. Pokoknya seru dan semua terlihat menikmati acara memotret itu…dengan tujuan yang sangat jelas: anak saya bisa  dipotret pada saat tampil!…kalau anaknya sudah selesai tampil, maka orang tuanya duduk-duduk lagi…hehe.

(inilah biasanya suasana panggung acara sekolah)

Biasanya, acara panggung di sekolah menampilkan pentas seni. Bisa berupa nyanyi, nari, baca puisi atau apapunlah yang  jelas siswa harus maju dan berani menampilkan sesuatu di depan khalayak ramai. Acaranya biasanya dilakukan di ruang terbuka,  dan digelar pada pagi sampai siang hari serta menggunakan panggung yang bertenda. Nah, di sinilah, tingkat kesulitannya.

Dengan lensa tele, kita bisa memotret dari banyak sudut yang berbeda dan tidak perlu desak-desakan…

Cahaya yang berada di dalam panggung bertenda itu, biasanya agak lebih gelap di banding cahaya di luar panggung (apalagi kalau sudah jam 10 pagi ke atas dan cuaca cerah). Belum lagi, panggung yang tidak terlalu besar dan agak tinggi serta sudah penuh dengan peralatan musik…semakin menambah, sulitnya memotret. Tapi, saya lihat, para fotografer dadakan di sekolah, cuek ajah! yang penting didalam hasil fotonya ada anak saya…kualitas foto, itu nomor sekian,,hahaha.

(coba naik ke atas panggung,,,anda akan dapet momen seperti ini !)

Nah, untuk anda yang masih konsern dengan mutu hasil foto (kan lebih enak, kalau foto kenang-kenang si kecil tampil di panggung bisa kita tunjukkan dengan hasil foto yang indah)…ada beberapa tips berikut ini:

1. Apapun kamera anda, fokuskan dahulu untuk menggunakan panjang fokal maksimum untuk memotret buah hati anda. Maksudnya: gunakan zoom paling maksimum atau gunakan lensa tele terpanjang yang anda punya. Ini dilakukan guna menghindari, berdesak-desakan dengan orang tua yang lain. Dengan lensa tele atau zoom, kita bisa memotret dari agak belakang dan lebih leluasa mencari sudut pandang terbaik.

2. Kalau, kamera anda bisa di setel mode pengukuran cahayanya. Gunakanlah mode SPOT atau Center Weight, agar pengukuran cahayanya tepat sesuai dengan subjek foto anda.

3. Kita bisa gunakan semua mode pencahayaan…mulai auto, mode portrait atau pilihan A (aperture).

4. Karena kita memotret pakai zoom atau tele, pastikan speed yang dipilih cukup aman, sehingga hasil foto tidak buram karena getaran tangan kita.

(latar belakang yang colorful, menjadi ciri khas foto panggung sekolah)

5. Kalau, anda punya nyali. Tidak ada salahnya, sesekali ikut naik ke atas panggung untuk memotret lebih detil dan mendapatkan sudut pandang yang berbeda. Nah, kalo di atas panggung, tentunya anda tidak menggunakan lensa tele atau zoom dong…Gunakan lensa sudut lebar, untuk mengekspos seluruh area panggung.

6. Sesekali jangan cuman anak kita ajah yang dipotret,,,boleh lah, orang lain…demi keindahan hasil foto kita..hehe.

Ok..mudah-mudahan tips ini berguna untuk memotret acara sekolah anak-anak, cucu, atau keponakan anda.

Mau belajar fotografi murah dan efektif? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s