Rule of space…ngomongin komposisi lagi!


Komposisi dalam fotografi kayaknya enggak mungkin bisa dilepaskan. Bagaimana tidak, setiap kita motret, pasti secara naluriah, kita mengatur sudut pengambilan, memilih elemen yang akan dimasukan dalam bingkai foto, yang semua itu tidak lain bertujuan untuk mengkompisisikan elemen-2 dalam foto kita agar tampil indah sesuai apa yang kita inginkan.

Berdasarkan kecenderungan cara mata kita melihat dan mengamati hasil foto,,,dan ditambah beberapa alasan lainnya, maka dalam dunia fotografi, muncullah “aturan-aturan umum” terkait komposisi ini. Tetapi, aturan ini bukan aturan yang kaku dan baku lho,,,wong, fotografi itu seni, jadi sebenarnya bebas-bebas ajah…Tetapi, tidak ada salahnya kita mengetahui dan mempraktekan serta menganalisa hasil foto yang kita buat dengan mengacu pada aturan-aturan komposisi itu.

Nah, sy mau sedikit mengulas mengenai salah satu aturan komposisi yaitu Rule of Space (ROS)! Secara bebas aturan ini meminta kita sebagai fotografer untuk memberi ruang terbuka dalam foto kita, agar timbul kesan yang dinamis dan ada emosinya. Artinya: foto kita ada ruang kosongnya (selain subjek foto kita tentunya).

ROS ini sangat efektif untuk anda yang suka motret orang atau benda hidup atau benda yang bergerak. Karena dengan adanya ruang kosong, hasil foto kita memberi kesan ke arah mana subjek kita melihat atau bergerak. Sehingga, caranya mudah. Tinggal kita tempatkan subjek foto kita agak ke kiri atau agak ke kanan atau agak ke atas atau ke bawah, tergantung subjek itu bergerak atau mengarah kemana! Simpelkan…

Mau belajar fotografi murah dan efektif? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s