Motret Friday Jazz Nite


band pembuka ini terdiri dari anak-2 muda yang berbakat…elevati0n 3

Menonton acara musik, apalagi di malam hari biasanya menyenangkan. Apalagi bila  konser musiknya ditata dengan apik, baik panggung, pencahayaan, kualitas audionya serta performance dari para band yang rapi. Eits dan satu lagi, harga tiket masuknya murah !!!

Setelah terhenti cukup lama…Pasar seni ancol, mengadakan lagi acara rutin bagi komunitas pencinta Jazz di Jakarta dan sekitar, dengan tajuk New Friday Jazz Nite.  Konser musik jazz jum’at malem ini dahulu menjadi salah satu agenda saya, ketika masih SMA (puluhan tahun lalu). Eh, pas sekarang ada lagi,,,sy sempatkan untuk dateng, untuk melepas rindu pada suasana pasar seni dan kepiawaian musisi-musisi yang biasanya bermain rapi dan dengan skill yang baik. Walaupun panggung nya tidak terlalu besar dan tata cahaya lampu yang tidak heboh,,,tapi new friday jazz nite benar-benar mengobati rindu saya…suasana malam yang dingin, jadi hangat dengan performance 2 band yang tampil pada hari itu. Dan satu lagi, tetep murah. Kita hanya bayar tiket pintu masuk Ancol saja….

dengan lensa wide, semua tercover..

Satu yang tidak mau saya lewatkan juga pada malam itu adalah hunting foto !!! Karena motret konser musik di malam hari, biasanya surprise karena penuh dengan tata cahaya panggung yang warna warni. Dan ternyata benar, saya bukan, satu-satunya yang bawa kamera pada malam itu. Mungkin ada sekitar 7 orang yang niat membawa DSLR nya untuk hunting foto.

Trie Utami di iringi oleh Audiensi Band…(foto diambil oleh anak sy,  Tyo)

Gear yang sy bawa adalah 2 DSLR dan 2 lensa (tele 80-200mm dan ultra wide 11-16mm),1 flash kecil dan 1 tripod (sy hunting berdua dengan anak sy : Tyo). Tujuan utama kami motret konser musik kali ini adalah menangkap ekspresi musisi dan detil tata cahaya lampu yang warna warni. Sehingga, prosedur pertamanya adalah mempush setting ISO. ISO saya set 1600, hasilnya: sy bisa memotret dengan lensa 80-200 sy dengan setting 1/250 f/4.  Tripod sy gunakan, untuk membantu sy meringankan beban menenteng kamera + lensa yang lumayan berat juga, ketika sesi pemotretan sy lakukan jarak jauh.

Trie Utami on stage…lensa wide + fill in flash

Lensa wide sy gunakan, ketika sy ingin menampilkan keseluruhan musisi berikut detil panggung. Untuk itu, sy mendekati panggung agar dapat sudut pandang yang lebih variatif. Nah, kendala yang terjadi adalah: ketika sy berada di bawah panggung, lampu-lampu sorot itu mengarah langsung ke depan (ke arah saya)…sehingga kalau tidak disiasati, figur musisi yang sy foto akan tampil dalam bentuk Siluet (padahal sy mau ekspresi mereka terekam). untuk itulah Flash menjadi berguna. Sy gunakan flash sebagai cahaya pengisi (fill in) agar musisi yang sy foto tidak tampil siluet….

OK…mudah-mudahan bermanfaat…selamat hunting

Mau belajar fotografi murah dan efektif? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

2 thoughts on “Motret Friday Jazz Nite”

    1. Haha…boleh pak hadi…friday jazz nite adalah konser jazz yang paling murah tapi berkualitas…konser terakhir sebelum libur puasa adalah tgl 6 Agustus 2010 (featuring Tohpati dan shakila)…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s