Simetris melalui Refleksi


empang yang indah

Komposisi dalam fotografi merupakan salah satu aspek penting yang menarik perhatian pemirsa foto kita. Dan sejatinya, bicara komposisi hampir susah dibakukan!, tidak ada teori yang fix untuk komposisi. Komposisi akhirnya berpulang pada kreatifitas kita sebagai pemotretnya. Mau ikut aturan konvensional (misalnya rule of third) atau mau bikin aturan sendiri sebenarnya bebas-bebas saja.  Salah satu hal yang menarik dari komposisi foto adalah terkait dengan “simetris”. Simetris di sini, diartikan kita membuat elemen-elemen dalam foto kita, seolah-olah terbagi dalam beberapa bagian yang sama besar, bahkan bila perlu dengan elemen gambar yang sama (seperti pinang dibelah dua!!!).

sebenarnya ini adalah MCK!

Untuk menghasilkan foto yang simetris, tentunya dibutuhkan subjek foto yang mendukung untuk itu. Misalnya: gedung atau bangunan yang dibangun dengan rapi dan simetris, atau apa sajalah, yang penting, kalau dibagi dua, benda itu membentuk bidang gambang yang sama. Nah, ketika sy camping di RU, sy cukup kagum dengan pantulan air kolam yang ada di sekitar buper itu. Airnya cukup bersih dan tenang, sehingga mampu memantulkan (refleksi) benda di atasnya laksana cermin.  Nah, dari pada harus membagi benda menjadi dua bagian yang serupa, refleksi seperti ini dapat dijadikan cara untuk menghasilkan foto yang simetris (bahkan untuk benda yang secara fisik susah dibagi dua dengan simetris).

dipinggir empang!

Teknik fotonya, simpel saja. karena motretnya pagi-pagi, maka kontras tidak terlalu tinggi, sehingga menggunakan mode pencahayaan program akan menghasilkan hasil foto yang memuaskan. Pastikan saja, sudut pemotretan kita benar-benar menghasilkan refleksi yang optimum. semua jenis lensa bisa optimal digunakan. Sebaiknya subjek foto kita potret tepat dari depan (berhadap-hadapan).  hanya kita berada diseberang kolam, agar refleksinya bisa kita dapatkan.

Ok, mudah bukan! selamat mencoba…

Mau belajar fotografi murah dan efektif? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s