Motret ketika Liburan


Ketika masa libur tiba,,,ada perlengkapan yang wajib di bawa, untuk kondisi liburan saat ini. apakah itu? ….betul. Jawabannya kamera digital!!! Sayang sekali, kalau momen-momen indah atau pemandangan indah terlewatkan begitu saja, tanpa diabadikan.Nah, untuk memperlengkapi kamera digital anda serta momen liburan yang akan anda liput. Tulisan ini, mudah-mudahan bisa menambah persiapan anda.

Anda tentu menginginkan hasil foto anda indah dan enak dilihat, berikut beberapa catatan yang perlu dipertimbangkan.

1. Keindahan Hasil foto anda tidak berbading lurus dengan “kecanggihan kamera”!!! Jangan pernah punya perasaan, “ah, kamera saya mah tidak canggih (udah jadul atau murahan), sehingga ngga akan bisa menghasilkan hasil foto yang indah!!!”.  Ingat, kamera hanya alat…anda lah yang mengontrol kamera anda serta hasil foto yang anda inginkan. Kamera jenis apapun, ditangan orang yang tepat, hasilnya bisa mengalahkan kamera mahal nan canggih di tangan orang yang salah.

sendiri di tengah hutan@Ranca Upas

2. Milikilah keahlian “dasar-dasar fotografi”…walaupun saat ini sudah dalam era teknologi foto digital, tetap saja memerlukan pemahaman yang baik mengenai dasar-dasar teknik fotografi, seperti: aperture, speed dan ISO. Pelajari pencahayaan (exposure),  komposisi dan tentunya pemahaman atas fitur-fitur yang ada di kamera anda.

“romantic sunset”@Pangandaran

3. Usahakan jangan hanya memotret “event-event utama”…cobalah berkreasi atau memotret hal-hal lain di balik event utama yang disuguhkan. Misalnya: kalau anda pergi ke kompeks candi,,,,foto anda tidak harus melulu, candi-candi tersebut,,,anda bisa mengeksplor hal lain, di sekitar candi tersebut!, misalnya: indahnya warna-warni cendera mata yang yang dijajakan, tumpukan batu yang menunggu disusun atau apapun juga yang menarik perhatian anda!.

Bonsai dan seorang anak!@Sanur-Bali

4. Jangan Diam dan terus berada dalam kelompok.  Usahakan anda terus bergerak dan mencari subjek-subjek menarik di area yang anda kunjungi. (area yang ramai dikunjungi atau difoto orang, belum tentu menjadi subjek foto terindah yang ada di area tersebut). Dan tidak ada salahnya, anda minta ijin hunting foto sendirian…karena biasanya, kita lebih leluasa kalau motret sendirian ajah, karena tidak ada yang memberi komentar ini atau itu…itu lah saat yang tepat untuk “be your self”.

Masjid Raya Medan

5. Usahakan “cahaya alami”. Kalau memang lokasi foto anda tidak gelap total,,,usahakan untuk merekam cahaya alami yang ada. Jangan selalu mengandalkan flash/lampu kilat yang melekat di bodi kamera anda! Hasil foto dengan cahaya alami lebih bercerita dan memiliki emosi dibanding foto dengan cahaya flash yang putih bersih! Gimana caranya? yang pertama: tentunya anda perlu tripod!, setelah itu pilih mode pencahayaan yang memungkinkan flash anda tidak menyala.

Suasana di pasar Bringharjo-Jogja

6. Jangan Pelit memotret! Para fotografer profesional pun, jarang sekali mendapatkan hasil foto terindahnya dari hanya satu jepretan, apalagi kita yang amatiran!!! Jadi, begitu anda mendapatkan subjek foto yang indah dan menarik,,,lakukan pemotretan sebanyak mungkin, dari berbagai sudut, serta bereksperimenlah!!! Ingat, lebih baik banyak pilihan dalam menentukan foto terindah hasil karya anda dari pada hanya tersedia satu pilihan saja!

Berdesakan @cikoromoy

7. Nikmati setiap sesi pemotretan yang anda lakukan, as part of your unforgettable holiday. Susah mendapatkan hasil foto yang indah, kalau anda sendiri tidak enjoy ketika melewati prosesnya. bila perlu “Pujilah diri sendiri” agar anda selalu dalam kondisi yang fresh dan selalu semangat! OK..selamat berlibur dan membuat foto indah!!!

Mau belajar fotografi murah dan efektif? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

5 thoughts on “Motret ketika Liburan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s