eye contact


Ketika membuat foto dengan objek manusia,,,pemotret lebih memfokuskan kepada wajah seseorang. Kenapa?…ya karena fokus utama sosok manusia adalah wajah nya…bener kan!!! seseorang dibilang cantik atau ganteng atau berwibawa atau dingin…hampir ditentukan karena ekspresi wajahnya. Lagian, repot juga motret identitas seseorang tanpa menyertakan wajahnya.

Dan, kita juga tahu. Bahwa wajah seseorang masih dibreakdown lagi dengan bagian-bagian wajah yang masing-masing mempunyai karakteristik yang unik. Ada Bibir, Hidung, Pipi, Jidad, Mata dan lain-lain. Dari sekian banyak bagian-bagian tersebut,,,yang paling dominan menentukan “emosi dan karakter” wajah seseorang adalah MATA!!!   Mata bisa berbicara melalui tatapan, kedipan, pejaman, kerlingan dan lain sebagainya.

Jadi, kita makin spesifik lagi…motret orang, ada wajahnya dan fokus pada matanya…Hanya saja, karena mata bisa berbicara melalui arah pandangannya….kita bisa menentukan emosi ketika melakukan pemotretan…hanya dengan menentukan ke arah mana mata memandang,,,, terarah ke lensa atau tidak!!! Mata ke arah lensa, persis dengan mata tertuju langsung menatap mata pemirsanya….bagaimana rasanya anda di tatap langsung  dan tanpa berkedip oleh seseorang?…nah itulah yang saya maksud dengan eye contact!!!

Sehingga memotret wajah manusia dengan Tatapan Mata tertuju pada lensa berarti:

1. pemirsa foto di tatap oleh subjek foto

2. foto lebih ada “emosi” karena pemirsa  seperti di libatkan dalam foto tersebut.

3. ekspresi dan karakter subjek foto lebih mencuat,,,mata berbicara banyak !!!

Untuk, dapet eye contact yang baik, secara teknik foto mudah saja….PASTIKAN area mata dan sekitarnya tajam/Fokus…itu ajah. Foto orang dengan area mata yang buram, sangat tidak enak sekali dilihatnya….

Ok, selamat motret mata yah….

Mau belajar fotografi murah dan efektif? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s