Kamera Canggih,,,hasil canggih?


Memotret memang terlihat gampang, apalagi dengan teknologi kamera digital saat ini…Kita sepertinya dimanjakan sekali dengan fasilitas dan teknologi yang disediakan oleh sang kamera. Mulai dari memfokuskan objek foto, sampai dengan mode-mode pencahayaan yang paling cocok dengan siatuasi objek yang akan difoto. Pokoknya “seolah olah” semua orang dapat disulap menjadi pembuat “foto indah” secara instan…

Kenyataannya,,,bisa iya, bisa tidak.  Memang logikanya, kamera yang canggih memang memberikan bantuan dan mempermudah proses pengambilan gambar dan juga meningkatkan kualitas hasil foto yang dibuat. Tetapi, tetap diperlukan asumsi-asumsi tertentu agar, kecanggihan kamera bisa kita manfaatkan secara maksimal.

Apa sih asumsi-asumsi umum tersebut?

  • Diperlukan pemahaman semua fitur yang ada dan manfaatnya bagi hasil foto kita. Nah,,,ini yang agak sulit. Manual Kamera yang disediakan oleh Pabrikan, biasanya hanya dibaca sepintas. Yang penting tahu cara menghidupkan, memotret dengan cara yang paling simpel, hasilnya jelas dan terang,,,cukup lah sudah! Kendala lainnya, adalah bahasa yang ada di Manual….Bahasa Inggris! belum lagi, istilah-istilah teknis fotografi yang digunakan,,,semakin lengkap sudah alasan, untuk mempeti es kan, manual kamera kita…he.he..he
  • Pemahaman mengenai bedanya hasil foto (yang dua dimensi) dengan cara mata kita memandang. Yang terlihat begitu indah di mata kita (ketika kita melihat objek tersebut),,,,belum tentu bisa dengan begitu saja dipindahkan dengan keindahan yang sama di hasil foto kita! Apa artinya? kita harus mempelajari “teknik dan sedikit ilmu” terkait dengan komposisi atau perspektif dalam fotografi…..ini bukan masalah bakat!, ini hanya sekedar masalah teknis dan sedikit jiwa seni serta banyak latihan….
  • Hasil foto dibatasi oleh frame (bingkai)….mata kita bisa melihat semua dan bisa langsung fokus pada subjek foto (elemen lain dicuekin!)….di sini lah letak tantangannya, membatasi hasil foto kita! kadang kita seenaknya ajah main jepret-jepret,,,dan yang kita lihat di “lcd kamera” saat itu hanya subjek foto kita,,,selagi subjek tersebut terlihat bagus,,,puas sudah!…pas diteliti ulang,,,lho kok, banyak elemen dalam bingkai foto kita yang tidak men”support” subjek foto…malah kadang-kadang ia (elemen foto lainnya) lebih menarik dari subjek foto kita!

Memang masih banyak lagi asumsi lain,,,tetapi menurut saya, tiga  asumsi di atas saja sudah cukup!…anda pastikan tiga  hal di atas,,,maka, kamera canggih anda bisa lebih termanfaatkan lebih optimum untuk menghasil foto yang indah hasil karya anda sendiri….

sukoharjo-river3

dengan banyaknya latihan, pemahaman fitur kamera dan sedikit ilmu mengenai perspektif…motret model gini, gampang banget…..

pantai-krakal21

Pantai merupakan objek foto yang menarik,,,,tapi penggunaan kamera canggih belum tentu menghasilkan hasil foto yang canggih (baca: indah)….sekali lagi, memahami 3 asumsi di atas bisa meningkatkan hasil foto kita.

Mau belajar fotografi murah dan efektif? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

One thought on “Kamera Canggih,,,hasil canggih?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s