Belajar Motret yuuuk!!


Banyak temen yang nanya ke saya,,,pake kamera apa sih, kok hasil fotonya wokeh? atau ukuran pencahayaan berapa sih?,,pake program yang mana?,,,dan seterusnya. yang ada malah saya bingung jawabnya.

Karena, saya tahu proses belajar memotret bukan seperti itu. belajar dengan pengetahuan yang sifatnya spot-spot (separuh-separuh) seperti itu, biasanya tidak memberikan hasil yang optimal. Karena taunya cuman separuh-separuh,,,ketika ada kasus yang laen,,,terus bingung. akhirnya motret untung-untungan….klo lagi beruntung hasilnya bagus kalau pas apes hasilnya mengecewakan. ketika di minta untuk mengulanginya lagi,,,enggak tau!!!

Terus bagaimana belajar motret yang baik?

Secara umum kalo belajar motret, harus ada “pengetahuan teori” dan “praktek” yang seimbang. Teori berguna agar kita memahami hardware (perangkat keras) berupa cara kerja kamera, lensa, proses terjadinya foto, teknik-teknik dasar fotografi,  pencahayaan dan exposure serta reciprocity (bahasa indonesianya apa yah?)…teori juga sebaiknya membahas pengetahuan mengenai cahaya, komposisi, perspektif dlm fotografi dll….keliatan banyak dan ribet yah….sebenarnya engga…persis kayak belajar nyetir mobil….waktu belajar susah banget. Tangan, kaki, mata, harus berkoordinasi dengan tepat…tetapi begitu sudah bisa,,,semua menjadi otomatis dan mudah….nah seperti itu, proses belajar fotografi….pada saat praktek foto awal,,,agak ribet…tapi lama-lama terbiasa,,,,dan tahu apa yang harus dilakukan untuk setiap momen yang akan kita potret.

Belajar motret bisa kita lakukan dimana dan kapan saja….kunjungi  fotoindah.com apabila anda ingin belajar motret secara online, murah dan fleksibel,,,tahapan yang sistematis dan aplikatif….dan hasilnya anda akan segera menghasilkan karya foto yang indah, karya anda sendiri!

DSC_7309 kec-rendah DSC_7043_hue&saturation

foto-foto ini, sangan mudah sekali membuatnya,,,kalau anda tahu ilmu dan caranya….saya tunggu di fotoindah.com

selamat membuat foto yang indah karya anda sendiri…

5 thoughts on “Belajar Motret yuuuk!!”

  1. Hi, saya rencana akan pergi ke Belitung 2 minggu lagi dgn anak saya. Camera saya Canon 350-D plus 1 tele dan saya mau bawa 1 lagi camera poket mungkin PowerShot SX20 dari Canon atau Lumix DMC FZ35 (baru mau beli masih bingung yang mana). Ingin belajar tapi apakah ketika saya berangkat sudah bisa dipraktikkan ya? Usia saya sudah 50+ jadi kalau belajar dengan bahasa tehnik agak susah, apa masih bisa ikut belajar disini ya. Mohon balasannya ya, lalu berapa biaya kursus on linenya.

  2. Hi, juga Bu Melinda, untuk kursus online, sepertinya fleksible…Ibu bisa belajar langsung sesuai topik yang ingin ibu ketahui…di fotoindah.com saya berusaha meminimalkan penggunaan bahasa teknik,,,tetapi lebih mengedepankan bahasa awam…investasi untuk belajar foto online di fotoindah.com murah sekali,,,silahkan ibu langsung akses ke fotoindah.com (ada penawaran menarik lho)…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s