Motret Sunset pakai Lensa Tele


Sunset biasanya dinikmati di pantai,,,karena area yang lapang sehingga matahari terbenam bisa dipandangi dengan puas tanpa ada elemen-elemen yang mengganggu. Nah, karena areanya luas, secara naluri biasanya ketika memotret sunset, kita menggunakan lensa sudut lebar (wide lens),,,hasilnya…tergantung teknik fotografi kita,,,tetapi secara umum, foto pemandangannya berhasil,,,dan matahari dan pendaran warna hangat menjadi salah satu elemen yang menjadikan hasil foto menarik.

Tetapi, tidak ada salahnya bila berada di lokasi sunset,,,kita juga memberikan kesempatan untuk lensa tele kita berkontribusi…siapa yang difoto? apakah mataharinya?…Nah, kalau itu tergantung kita.

beberapa waktu lalu, saya mengunjungi pantai pangandaran,,,dan dapat kesempatan menikmati sunset di pantai baratnya…setelah puas dengan lensa wide,,,saya langsung ganti ke lensa tele (saya pake lensa tele vario 80-200mm). Ternyata, menyenangkan sekali…lebih banyak subjek foto yang bisa kita eksplorasi…dengan tetap menampilkan suasana sunset sebagai latar belakangnya.

DSC_7061

Cara motretnya seperti apa?

Gampang sekali!

1. jadikan latar belakang sebagai patokan pencahayaan kita (ini kuncinya),,,agar suasana dan warna-warna hangat sunset tampil cerah sesuai aslinya…konsekwensinya subjek foto kita akan menjadi siluet.

2. silahkan menggunakan mode pencahayaan apa saja…boleh mode landscape, mode auto, mode prioritas A atau S…atau seperti saya,,,mode manual….apapun pilihan anda pastikan,,,speednya agak dicepatkan (minimal 1/250 detik) untuk menghindari getaran tangan.

3. setelah itu, tinggal pilih subjek foto dan komposisi…jepret …selesai sudah.

DSC_7023

perahu di tengah laut, bisa kita tampilkan siluet….dengan lensa tele.

DSC_7027

seorang wanita dan perahu.

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

2 thoughts on “Motret Sunset pakai Lensa Tele”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s