Masjid Raya Medan


Kebetulan ada kerjaan di Medan, dan pas dapet hotel yang lokasinya berhadapan dengan Masjid Raya Medan…dan kebetulan lagi saya membawa kamera….Alhamdulillah, semuanya sepertinya sudah di atur, ada hari libur di tengah-tengah pekerjaan saya,,,komplit sudah!

Masjid Raya Medan, mempunyai arsitek yang klasik, karena memang masjid ini adalah masjid peninggalan kesultanan Deli. Ia menjadi salah satu aset budaya kota medan. Masjid masih aktif digunakan untuk sholat berjamaah. dan saat ini ia dijadikan salah satu tempat kunjungan wisata, mudah-mudahan para pengunjung sempat sholat di masjid ini atau minimal sholat sunnah lah.

Saya putuskan untuk memotret pagi hari, sayangnya cuaca mendung,,,agak kecewa sedikit, tetapi ta’ apa, memotret harus jalan terus. Saya langsung observasi, mengelilingi seluruh bangunan masjid untuk mencari spot-spot yang menarik (menurut saya). Kesimpulan saya,,,,masjid ini dibangun simetris sekali. Tampak depan, dengan kubah utama membagi dua bagian yang sama persis detil bangunannya…OK, berarti saya ingin menonjolkan itu (begitu self talking yang terjadi)…Maka mulailah memotret.

_DSC6652 _DSC6651

perhatikan betapa simetrisnya bangunan masjid ini. Kubah Pintu masuk berada tepat di tengah dan membagi 2 bagian bangunan secara simetris. saya memotret nya pagi hari dari pintu gerbang utama Masjid.

DSC_6712

Tampak tengah masjid. Kesimetrisan juga terlihat jelas. Kubah utama merupakan center dan 2 kubah lainnya. Foto saya ambil sore hari, ada cahaya matahari dan langit tampak biru bersih.

DSC_6728

ini full buildingnya. sayang saya tidak dapat memotretnya secara simetris,,,lensanya kurang lebar (saya bawa yang 24-50mm). Jadi saya memotretnya agak ke kanan…Tapi tetap terlihat keseimbangannya…dan memang indah Masjid Ini,,,Insya Allah, menjadi bagian syiar Islam yang indah pula bagi masyarakat kota Medan.

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

4 thoughts on “Masjid Raya Medan”

  1. Mas…., tlng tag ke aku foto2 Masjid Raya Medan nya….aku jd terkenang akan masa kcl ku, dulu aku sering skali mengunjungi masjid itu krn tmpt tinggalku gk jauh dr Masjid Raya….thks mas udh share ttg Masjid Raya Medan.

Tinggalkan Balasan

