optimalkan TRIPOD anda


Bagi para pencinta ourdoor photography, Tripod sudah menjadi alat bantu yang sangat berguna untuk menghasilkan karya foto yang indah.  Alat berkaki tiga itu berguna untuk menyangga berat bodi kamera dan lensa agar kokoh dan tidak goyah dan bergetar ketika kita memotret.

tripod1

“Golden Skin”…Tanpa Tripod, foto makro seperti ini, susah banget dapet fokusnya.

Ada beberapa kondisi wajib yang mengharuskan kita menggunakan tripod, misalnya:

  1. Ketika kita memotret dengan kecepatan yang rendah, sehingga kalau kamera dipegang oleh tangan kita, bisa dipastikan hasil foto pasti burem/blur karena getaran tangan kita.
  2. Ketika kita memotret dengan lensa tele. Biasanya lensa tele makin panjang makin berat. Sehingga dengan kecepatan 1/250 detik pun masih bergetar kalau motretnya tanpa tripod.
  3. Ketika motret Close up tanpa flash. karena susah sekali kalau tanpa tripod, posisi lensa bergerak sedikit saja, perubahan akan hasil foto sudah sangat signifikan, Ya,,, burem lah atau komposisi foto jadi ngaco.
  4. Ketika kita ingin memotret dengan hasil yang lebih baik!!! mengapa? Dengan menggunakan tripod biasanya mau tidak mau, kita dipaksa untuk lebih teliti, konsentrasi dan selektif dalam membingkai foto. Beda kalau kamera ada ditangan, reflek kita biasanya langsung jeprat-jepret tanpa banyak evaluasi atas subjek yang kita foto.
  5. Ketika kita menginginkan Dof yang tinggi.

tripod

“silk road”…Tanpa Tripod, foto speed rendah seperti ini jadi mission impossible

Ada banyak sekali pilihan Tripod di pasar, apabila anda ingin serius motret outdoor, berikut saran saya untuk pilihan Tripod yang banyak bermanfaat dalam mengekspresikan kreatifitas foto outdoor anda:

  • Apabila budget anda memadai, belilah Tripod branded yang diperuntukkan untuk profesional dengan ciri-2: bagian-bagian tripod dijual terpisah (kaki, head dan realease).
  • Apabila budget terbatas, belilah Tripod kelas menengah yang biasanya dijual sudah lengkap semua komponen tripodnya. Ini beberapa tips untuk memilih Tripod kelas menengah:
  • – Rentangkan ketiga kaki tripod secara maksimum, lalu anda tekan bagian atasnya untuk mengetes kekokohannya. Apabila meletot, jangan dibeli.
  • – Pastikan dudukan kameranya kokoh (tempat kamera dipasang di tripod), sebaiknya jangan terbuat dari plastik, karena biasanya getas dan mudah patah.
  • – Pilih Tripod yang kaki-kakinya dapat dibuka secara maksimum sampai rata dengan tanah, sehingga bisa untuk memotret dari low angle (makin pendek jaraknya dengan tanah makin bagus)
  • – Kerusakan yang sering terjadi pada tripod adalah komponen pengunci kaki-kaki yang mengatur ketinggian Tripod, Jadi pastikan penguncinya kuat.

tripod3

“Nice Evening” warna senja dan dof yang tinggi bisa dapet karena kamera aman di tripod yang kokoh

Memang agak risih apabila ketika hunting foto harus bawa-bawa tripod, apalagi kalau sedang motret sendirian. Tapi cuek ajah, repot sedikit tapi puas pas melihat hasilnya. Dari pada nyesel, dapet subjek foto bagus, waktunya bagus, eh terkendala hanya karena tidak bawa Tripod…..Padahal dalam  fotografi outdoor, waktu yang tepat adalah faktor signifikan untuk hasil foto kita….suruh ulang lagi, belum tentu dapet moodnya.

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s