Memotret “Pola (Patern)”


Bagi para pecinta fotografi outdoor, mata kita sering tertarik pada pemandangan atau objek di sekeliling yang  unik. Salah satu hal yang paling sering menarik perhatian mata adalah “adanya suatu pola” dari pemandangan atau area tertentu. Pola itu biasanya terdiri dari susunan benda/cahaya/warna atau apapun yang membentukan suatu konfigurasi tertentu yang cenderung berurutan atau berulang.

Apa yang menarik dari foto yang dibentuk dari Pola tertentu? Kalau saya sih senang karena unik. Mata pemirsa seperti dibimbing disuatu objek tertentu sesuai susunan pola yang ada. Pola juga menarik karena sangat membantu dalam membentuk perspektif dari hasil foto kita.

Biasanya kalau memotret suatu pola dibutuhkan Dof yang tinggi, agar semua susunan pola terlihat jelas. Tapi tidak harus seperti itu, kita juga bisa membatasi Dof dari pola tersebut, sehingga hanya tajam/jelas di area tertentu dari pola yang ada. Tetapi yang jelas, memotret pola sebaiknya menjadi salah satu perhatian kita ketika berada di suatu tempat, dan tentunya dengan kamera sudah siap untuk jeprat-jepret.

Berikut foto-foto jepretan saya terkait dengan “Pola” sewaktu di Kota Mekkah, Mina dan Jeddah.

pola

Pilar-pilar masjid apung di Laut Merah ini membentuk pola, sehingga membantu perspekti dari foto ini. Mata kita dibimbing untuk semakin ke dalam sesuai jejeran pilar, mulai dari yang depan sampai yang belakang,,,ditambah lagi adanya lampu-lampu putih dipilar yang juga sangat membantu untuk menguatkan pola yang ada.

pola1

Ini adalah terowongan Mina yang terkenal itu. Lampu-lampu penerangan terowongan ternyata membentuk pola dan garis arah, sehingga membimbing mata untuk menuju ujung terowongan.

pola2

Pilar-pilar Masjidil Harom, benar-benar mempunyai pola yang seragam. Otomatis membimbing mata mulai dari pilar terdepan sampai ke belakang.

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s