Memotret Tekstur…


tekstur2

“nangke lande”…tekstur yang sudah familiar, kulit nangka

Salah satu kelebihan lensa makro adalah dapat menonjolkan tekstur suatu benda…(halah,,,kok tidak ada basa-basinya!). Benda yang biasa saja bisa menjadi tampak fotogenik kalau di close up teksturnya. Hanya saja, hasil foto atas tekstur suatu benda biasanya “nyeni” dan belum tentu semua orang suka. Hanya segolongan orang yang “nyeni” saja yang tahu indahnya (hi..hi…membela diri nih). Karena sejatinya, kalo ngomong foto ya harus ada orang di dalamnya ,,,,baru itu menarik!  Apalagi orang yang ada di dalam foto itu adalah dia yang melihat foto itu,,,pasti foto kita di bilang bagus.

tekstur

“Kulit Pinus”….agak blur, karena tanpa tripod (mode: bela diri)

Udah,,,ah. Mari kita bicarakan tekstur. Fokus pada tekstur dapat dijadikan ide foto kita. saya suka iseng menetapkan tema tekstur pada waktu-waktu luang hunting foto saya. Misalnya, minggu keIII saya menugaskan diri saya sendiri untuk motret 10 tekstur benda yang berbeda. Tujuannya supaya saya terus bergairah motret dan mata selalu terlatih untuk melihat benda-benda yang fotogenik.

tekstur1

“Kulit dinosaurus”……ah,,,hanya batang pohon kok.

Teknik foto yang sering saya gunakan untuk motret tekstur simpel saja. Prinsipnya, pastikan ketajaman cukup . Kalo ada tripod,,,lebih nyaman lagi, karena kita bisa motret dengan diafragma yang lebih kecil lagi. Biasanya makin geradakan (tidak rata) objek foto, maka tekstur makin terlihat Ok. Kadang gradasi warna diobjek juga menambah menarik hasil foto tekstur kita. Kalo ada lensa makro, motretnya lebih nyaman, kalau tidak ada,,,ya beli dulu lah….

Mari berburu tekstur, setelah dapet lalu pergi ke tukang jahit !!!^#@>:”

tekstur3

“Dataran Planet Mars”….besi yang sudah berkarat

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

2 thoughts on “Memotret Tekstur…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s