Trusmi (wisata belanja batik cirebonan)


Bagi anda yang suka wisata belanja, tidak ada salahnya, apabila melewati kota Cirebon, mampir dulu ke kawasan Trusmi. Tidak seperti wisata belanja lainnya, kita tidak belanja di toko-toko atau mall atau pasar. Di Trusmi kita belanja batik, di rumah-rumah penduduk. Unikkan!

Menuju Trusmi dari Jakarta sangat mudah, setelah masuk Tol Kanci, Langsung keluar di Pintu Tol Plumbon. Ikuti saja arah jalan menuju kota Cirebon. Penunjuk arah menuju Trusmi terlihat jelas, tinggal ikuti saja.

Kawasan Trusmi sebenarnya hanya sebuah kawasan kecil dengan jalan yang aspal yang kecil pula. Begitu masuk ke kawasan Trusmi, kita akan digoda dengan plang-plang di pinggir jalan yang mengundang kita untuk masuk ke rumah-rumah show room batik milik penduduk setempat. Hampir kebanyakan rumah yang dijadikan show room sudah dipoles sedemikian rupa sehingga tampak menarik, bahkan ada yang bergaya modern dan gagah.

Saya malah tartarik pada satu toko batik Cirebon an yang bernama Toko Masina. Kenapa? Karena toko ini berbeda dengan yang lain. Show room dan tampak depan toko ini sederhana, tidak ada pemugaran, Masih tampak seperti rumah-rumah penduduk pada umumnya. Tapi ini yang menarik, bagi saya. Dan ternyata, saya tidak salah. Di dalamnya, ada dua ruangan yang berisikan beberapa pengrajin yang sedang membatik!

trusmi4trusmi3
Lihat tampak depan dan pintu gerbang Toko Masina…Klasik.

Wah, menarik juga memperhatikan mereka bekerja. Ternyat rumit banget bikin batik tulis itu…Logis lah kalau harganya lebih mahal dibanding batik cetak. Di dalam show room, pembeli bisa memilih batik yang ingin dibeli (kebanyakan masih dalam bentuk kain lembaran). Memilih batik sambil duduk di lantai, plus mendengar penjelasan dari para penjaga showroom,,,wah serasa belanja di rumah tetangga…(ini sama persis dengan belanja batik Bantul, di Jogjakarta).

trusmi2

Pengrajin batik di Toko Masina, Trusmi

trusmi-batik

Pengunjung bisa nonton dan berdiskusi dengan para pengrajin batik cirebonan

Jadi tak ada salahnya, untuk singgah dulu ke Trusmi, jika anda melintas kota Cirebon.

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

4 thoughts on “Trusmi (wisata belanja batik cirebonan)”

  1. Mas mhn info nih kalau pengin ngambil dari tangan pertama untuk dijual lagi di jakarta kepada siapa yaa ? saya pengin usaha jualan batik buat ancang2 mau pensiun nanti. tertarik sekali dengan batik cirebon… saya seneng katunnya … sudah punya beberapa kain yang 2 meteran. tercetus pengin jualan batik…..

  2. Wah,,,persiapan yang bagus Mas Eka….mohon maaf saya tidak tahu informasi yang dibutuhkan oleh Mas Eka,,,kebetulan saya ke trusmi cuman wisata belanja ajah…silahkah hunting terus ajah, Insya Allah dapet lah channelnya….good luck

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s