Pencinta Alokasia Hias


Alokasia, sangat mirip sekali dengan keladi. Kalau saya sih, membedakannya dari keunikkannya. Kalau keladi menampil ragam warna-warni daunnya, maka alokasia lebih banyak menampilkan keunikan tekstur daunnya (warna daun lebih banyak tetap dominan hijau). Tangkai alokasia lebih kokoh dibanding keladi. Saya suka nge “joke”, Alokasia adalah tanaman koleksi untuk cowo’ karena ia tampil lebih macho dibanding keladi. Bayangkan beberapa Alokasia koleksi saya tampil dengan tekstur daun yang jelas, urat-urat daun menonjol, berdaun tebal dan gagah bener deh pokoknya.

Untungnya lagi, kebanyakan alokasia yang bagus-bagus itu berasal dari Indonesia…jadi cukup berbanggalah. Mengenai sifat-sifatnya kurang lebih sama dengan keladi,,,dia punya waktu tertentu untuk dorman. Tapi disitu unik dan untungnya mengkoleksi jenis keladi atau alokasia….Engga ada matinya. Pohonan awet lama, walaupun ada masa istirahatnya.

Ini foto beberapa koleksi alokasia yang saya punya,,,mudah-mudan anda tertarik,,,,

alo-batu ini jenis alokasi berdaun besar. Asli kalimantan, saya beli dalam bentuk bonggol. Daun tebal dengan tulang-tulang daun yang kokoh,,,jantang banget deh nih alokasia.

alo-chaii Alokasia ini bernama Chaii. jenis alokasia kecil. Daun tebel banget dengan permukaan daun yang kasar. saya beli dari kalimantan.

alo-corozon Alokasia ini berdaun tipis dan bernama “corozon”. Kemungkinan berasal dari filipina. Yang menarik dari alokasia ini adalah warna daunnya silver dan satu pohon bisa merumpun banyak sekali daunnya.

alo-cuprea Ini alokasia yang cukup ngetop, “Cuprea” atau “alokasia tengkorak” namanya. Lihat daun mudanya berwarna seperti tembaga dan berlekuk-lekuk seperti di umbos…unik tenan.

alo-melo Alokasia unik ini namanya “Melo”. Daun tebal dengan tekstur permukaan daun persis kaya’ kulit badak, sehingga kadang ia disebut alokasia badak.

alo-reginae Alokasia Reginae, cantik sekali. Daun tebal, teksturnya bagus dan indah sekali di taruh di meja tamu…he..he..banyak tamu menyangka itu tumbuhan imitasi,,,enak ajah,

alo-silver Ini juga salah satu alokasi yang unik dan bagus sekali. Daun tebal, tekstur kasar sekali dan lihat corak daunnya….seperti diembos.

alo-velvet alokasia ini bernama “black velvet”..saya engga tahu kenapa ada blacknya? tapi velvetnya mah nyambung, karena daun alokasia ini tebal dengan permukaan kasar dan seperti beludru.

alo-top Alokasia ini juga bagus. Lihat hijau agak silver dipinggir daun tetapi tulang daunnya berwarna hijau….

Dan masih banyak lagi alokasia yang belum saya foto…nanti kebanyakan. Tapi sekedar mejeng, alokasia-alokasia ini sangat layak untuk dijadikan koleksi….seperti KOLEKSI KU…

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

6 thoughts on “Pencinta Alokasia Hias”

  1. slm knl ya mas
    two thumbs up bwt koleksinya…saya juga suka alokasia, tapi saya hanya punya koleksi sedikit saja diantaranya : alocasia plumbea (senthe hitam), cyrtosperma johnstonii (alokasia black jack/ papua) dan cyrtosperma cuspidisphatum
    anyway koleksi anda tampak sehat dan subur, bagi rahasia tips n infonya dunk…gimana perawatan yang baik buat alokasia karena tanaman saya, mungkin aja keseringan terkena sinar matahari langsung jadinya agak usang gitu…
    any info and shared would be appreciate, thanks

  2. lam kenal juga….
    Sy menempatkan alokasia di bawah shadding, biar ga terkena matahari langsung,,,repotnya emang, kita tidak bisa membuat mereka seger terus, karena ada masa dorman (istirahat),,,jadi yah waktu sy potret pas lg optimum,,,tidak ada tips khusus lah,,,alokasia relatif mudah hidup asal, kondisi media selalu lembab ajah…
    tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s