TIPs Merawat Kamera & Lensa


Kamera plus perlengkapannya merupakan aset yang berharga bagi kebanyakan orang. Minimal pada saat-saat tertentu ia begitu terasa penting. Misalnya pada saat ngumpul, liburan, event-event keluarga dan banyak lagi. Tetapi, walaupun biasanya sudah diinformasikan di buku manual, kegiatan perawatan kamera sering terabaikan. Nah, mudah-mudahan tips berikut kembali mengingatkan beberapa hal penting dalam merawat kamera kesayangan anda plus perlengkapannya.

kamera dan lensa yang sehat menghasilkan foto yang indah

 

  • Usahakan kamera disimpan di tempat yang kering (bila perlu tempat yang kedap dan ditambah dengan silica gel). hal ini diperlukan agar lensa kamera kita tidak menjadi sarang jamur yang dapat mengurangi kualitas gambar dari lensa kita. Cara paling mudah adalah dimasukan ke dalam kantong plastik yang cukup tebal dan ditambah silica gel lalu diikat serapat-rapatnya menggunakan karet gelang atau tali.
  • Jangan sekali-kali menaruh kamera&lensa dalam lemari pakaian yang di dalamnya terdapat kapur barus. Ingat kapur barus adalah musuh lensa. Karena ia dapat merusak coating di permukaan lensa kita.
  • Bersihkan lensa kamera menggunakan tissue khusus untuk lensa atau kuas pembersih lensa.
  • Sangat disarankan anda memiliki kuas kecil plus blower manual untuk menghilangkan debu-debu yang ada disela-sela bodi kamera atau lensa.
  • Cabut semua baterai ketika kamera tidak digunakan (atau akan disimpan)
  • Ketika anda selesai motret di area pantai atau laut. Pastikan setelah itu seluruh bodi kamera dan perlengkapannya anda bilas dengan tissue yang sudah dibasahi tipis oleh air mineral untuk menghilangkan uap garam yang menempel. setelah itu keringkan segera dengan tissue. Ulangi sekali kalau anda belum yakin semua garam-garaman sudah hilang, terutama untuk bagian kamera yang terbuat dari bahan dasar metal.
  • Hindari melakukan transfer file-2 foto anda langsung dari kamera ke komputer. Cabut media penyimpan dari kamera anda, dan gunakan card reader untuk mentransfernya. Hal ini dilakukan untuk menghindari segala kemungkinan yang dapat membahayakan “sistem komputer” kamera anda.
  • Jangan perbaiki sendiri kerusakan kamera anda. Lebih aman perbaiki ke dealer resmi kamera anda.
  • Kamera jangan terlalu lama di simpan. Karena mubazir…buat apa beli kamera kalau tidak dipakai-pakai…he..he..he

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

2 thoughts on “TIPs Merawat Kamera & Lensa”

  1. Hai Mas Budi, salam kenal.. mau tanya boleh ya? suatu hr yg lalu ak pinjam kamera suamiku canon DSLR 1000, ak taro di bagasi motor dan kubungkus rapi dengan kain tebal… 1 kali perjalan pergi, kamera tsb dapat digunakan.. tetapi pada saat perjalanan pulang dan sampai rumah kamera tsb tidak bs on sama sekali seperti tidak ada powernya, padahal batre nya masih full ( batre ak cabut dan di simpan di tas terpisah), menurut Mas Budi, apa ya kerusakannya? terima kasih banyak atas bantuan informasinya…

    1. Salam kenal juga Mba Vinni…Sy tidak tahu pasti apa kerusakannya,..dugaan sy sih, ada problem karena guncangan yang lama. Karena, kamera sebaiknya di taruh didalam wadah yang benar-benar meredam benturan/getaran…begitu dugaan saya, sebaiknya dibawa ke service centernya saja…Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s