Miracle Fruit (Buah Ajaib)


Saya pertama kali ketemu pohon ini, pada tahun 2007 ketika mampir kerumah saudara di Jogja. “Ini pohon miracle fruit, karena kalau makan buahnya, makan apapun yang asem dan pahit akan berubah menjadi manis!!!” begitu kira-kira, keterangan dari saudara saya. “Wah, unik banget pahon ini”.

Saya sempet ketemu pohon ini di salah satu penjual tanaman hias di Lippo Cikarang. Waktu itu engga saya beli, karena harganya terlalu tinggi (menurut saya)…..dan sekarang…saya dapet 7 indukan pohon ini. Semua saya tanam dalam pot. Beberapa bulan lalu, berbuah lebat, sehingga puas saya membuktikan kebenaran miracle fruit ini….Benar-benar ajaib…setelah memasukan buahnya yang kecil (sebesar melinjo muda) yang berwarna merah itu ke dalam mulut dan mengemutnya…aha..jeruk peras yang asem berubah rasa menjadi “juice jeruk”  (asem plus gula dengan ukuran yang pas)…wah luar biasa.

Saya sedang berusaha membudidayakan, dan ternyata emang susah. dicangkok tidak tumbuh akar! sehingga saya hanya memperbanyak melalui biji. Pantasan harga pohon miracle fruit yang siap berbuah mahal!

Miracle fruit (Sideroxylon dulcificum/Synsepalum dulcificum), ternyata berasal dari Afrika Barat dan sudah cukup terkenal di luar negeri sebagai buah yang eksotik dan cukup mahal harga pohon dan buahnya….Tertarik?

miracle-fruit

buah menempel di batang, lucu kan.

miracle-fruit1

Nah ini miracle fruit yang siap panen,,,merah ranum dan rasanya manis-campur asem…daging buah sedikit karena bijinya cukup besar.

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

35 thoughts on “Miracle Fruit (Buah Ajaib)”

  1. Aku punya 7 pohon indukan yang sekarang sedang berbuah (ada yang sampai 19 buah per pohon),,,harga@ Rp.300 rb…dan ada belasan anakan dari biji tinggi 15-20cm @ 40rb…tapi saya tidak bisa antar….kalau mau ambil silahkan…sy di bekasi

  2. pak, minat dengan pohon ni
    kebetulan ada sodara jg di dukuh zamrud
    bisa minta alamat lengkap dan no hp nya pak?

    bisa by private mail kah?

    thanks

  3. Pak, boleh saya dikirimi info nomor dan alamat Bpk?
    Rekan sy berminat membeli phn tsb.. dan apakah masih tersedia bibitnya?
    trims

    1. Wah, Pak Willy, sy belum pernah melakukan pengiriman tanaman, takut salah packing nanti malah mati pohonnya…tapi kalau mau dicoba mungkin bisa. Harga bibit umur 6 bulanan (setinggi kurang lebih 10cm dan sudah berdaun 4-7 lembar) harga Rp.40rb. Untuk ongkos kirim, nanti ta’ tanya dulu dengan kurir. demikian Tks.

  4. Selamat pagi pak budi,
    Saya berminat bibit miracle fruit dari pak budi.
    Bisa minta alamat/no contact bapak ?
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

