Membentuk Dimensi (3)


Teknik lain yang sering digunakan untuk menimbulkan kesan kedalaman adalah membesar-besarkan atau mengecil-ngecilkan elemen-elemen dalam foto kita. Efek ini efektif sekali apabila menggunakan lensa sudut lebar. Efek distorsi yang timbul dari lensa sudut lebar malah jadi andalan untuk membuat dimensi pada foto.

dicitarik-arung-jeram

Membandingkan parahu karet yang besar dengan perahu karet yang kecil, menimbulkan kesan kedalaman

Banyak sekali foto menarik dan tidak lumrah dengan teknik ini, tetapi its ok lah, sejauh efektif untuk menimbulkan dimensi. Hanya kadang, ketika memoto untuk memperoleh perbandingan ukuran , suka mengharuskan kita bergaya agak lain dari yang lain. Sehingga dengan cara memoto seperti itu, suka dianggap aneh oleh orang lain. “Nih orang sedang moto apa sih? Gayanya heboh banget!!”…Cuek ajah, belom tahu dia…he..he….Bayangkan memoto sambil tiarap, telentang, nungging atau sambil gelayutan, demi mendekatkan dengan objek foto tetapi tanpa menghilangkan latar belakang!…gila juga kalau dipikir-pikir. Tapi engga usah dipikirin, toh tidak menzolimi orang lainkan.

avi-perbandingan-uk

Ini juga bisa disebut perbandingan ukuran.

Satu hal yang perlu kita perhatikan ketika ingin membuat dimensi via perbandingan ukuran, yaitu ruang tajam! Walaupun sudah didukung oleh lensa sudut lebar, tetap saja kalau milih diafragmanya tidak tepat, bisa-bisa objek terdepan kita jadi blur,,,dan kayaknya kalau kejadiannya seperti itu,,,engga asyik deh…Kan untuk foto pemandangan kadang ruang tajam yang tinggi adalah segala-galanya.

kuda-jogja

Membandingkan Kuda dengan orang,,,he..he..

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s