Membentuk Dimensi (1)


Salah satu keterbatasan suatu hasil foto adalah ia hanya merupakan gambar dua dimensi dari suatu “suasana/momen/keadaan”. Dan, karena kita hidup di dunia tiga dimensi, maka, mata kitapun sudah terbiasa dengan mode tiga dimensi. Agar foto yang 2 dimensi itu, bisa masuk dalam selera mata manusia, maka ia harus diolah sedemikian rupa sehingga dapat timbul kesan kedalaman (tiga dimensi). Sehingga, membentuk perspektif (memberi kesan tiga dimensi) dalam hasil foto merupakan suatu keharusan untuk para fotografer. Apalagi untuk fotografer outdoor yang sering memotret pemandangan dan yang sejenisnya.

 

Jadi please, jangan anggap remeh kemampuan membentuk dimensi. Walaupun secara teknis itu suatu hal terlihat mudah, tetapi aplikasinya perlu latihan agar “feeling” kita jalan ketika memotret di lapangan. Dan sejatinya, aplikasi membentuk dimensi tidak hanya ditujukan untuk foto pemandangan saja, jenis-jenis foto lain juga membutuhkannya. Makin timbul efek kedalaman, foto itu tentunya akan semakin sip markusip dan endang bangbang gulindang bagi mata manusia.

latar1

“berfoto”, Latar depan bebatuan yang cukup cerah, membimbing mata menuju 2 orang wanita yang sedang berfoto ria (sebagai latar tengah dan POI) ditutup latar belakang berupa dinding bukit yang gelap dan berkabut.

Banyak cara untuk membentuk dimensi. Salah satunya adalah dengan membagi calon subjek foto kita menjadi tiga latar, Latar depan, tengah dan belakang. Gampangkan! Aplikasinya, kita bisa menempatkan POI kita di latar tengah, sehingga seolah-olah pemirsa (orang yang melihat foto kita) melihat latar depan dulu, lalu dibimbing menuju POI dan diakhiri dengan latar belakang. Walhasil, foto kita seolah-oleh ada kedalaman (perspektif),,,jadi tiga dimensi.

tio-latar

Batu kali jadi latar depan, POI di tengah serta ujung sungai dan tumbuhan di sekitarnya diset sebagai latar belakang….

Latar depan bagusnya agak gelap (tetapi terang juga tidak apa-apa), lalu diikuti latar tengah yang agak cerah dan latar belakang yang full cerah. Apapun pilihan anda, bagusnya ada perbedaan intensitas cahaya antara setiap latar….semua objek bisa kita jadikan latar depan,,,tapi tetapi POInya harus ada.

Monggo sekarang giliran anda…

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s