Teliti !!! sebelum menekan tombol.


Saking “hot” nya motret kadang fokus kita hanya tertuju pada POI (lihat artikel point of interest), latar belakang atau elemen lain yang ada dalam bingkai foto sering terabaikan. Pokoknya objek foto tertangkap dan ada dalam bingkai foto,,titik. Pas melihat hasil foto pada LCD, masih Ok, karena emosi pada objek foto masih tinggi. Pas hasil foto dilihat di monitor yang agak besar, dan emosi mulai hilang, baru deh kelihatan…hasil foto rame banget,,bingung mana objek yang sebenarnya ingin ditonjolkan.  Objek foto kita kalah dengan elemen di sekelilingnya. Kalahnya bisa karena sebab yang beragam. Misalnya: kalah cerah, kalah warna, kalah tajam, kalah dalam menarik perhatian…yang ujung-ujungnya,,,bete..udah motret susah-susah,,,hasilnya kurang memuaskan…(mode menyesal on..hik-hik-hik).

Nah untuk menghindari hal-hal di atas, dalam fotografi pun dibutuhkan ketelitian,,bukan hanya ujian atau tes saja yang membutuhkan itu. Memang terlihat ribet,,,tapi kalau sudah menjadi kebiasaan,,maka ketelitian itu akan membuat anda puas kemudian…Banyak Fotografer profesional yang bilang,,,dalam fotografi yang paling mahal itu adalah momennya….Jadi sayangkan kalau momen foto anda hilang hanya karena kita tidak teliti.

Berikut checklist yang biasa saya tanyakan kepada diri sendiri ketika akan memotret,,,

1. Apakah saya sudah memilih objek foto yang menarik?

2. Apakah cahaya ke subjek sudah OK?

3. Apakah latar belakang sudah mendukung/tidak mengganggu objek utama foto?

4. Apakah letak subjek sudah OK (komposisinya)?

Ah…ribet banget mau motret ajah!!!!

teliti1

Enak motret kalau kondisinya kaya’ gini, latar belakang tidak terlalu rame dan cenderung homogen. cahaya matahari lembut datang dari depan objek foto. Atur pose sejajar dan langsung saya pilih ruang tajam yang besar,,,.

teliti2

ini momen foto yang agak sulit. Latar belakang terang banget dan warnanya cerah pula udah gitu cuaca mendung, arah cahaya berpendar kemana-mana. Salah-salah bisa-bisa elemen foto yang lain akan berebut perhatian dengan subjek foto saya…untung Dhifa pakai baju berwarna pink. Langsung saya atur ruang tajam biar agak terbatas plus pakai teknik fill in flash, dengan harapan latar belakang dapat dikaburkan sedikit lah…

teliti-contoh1

Ini contoh foto potret dengan latar belakang yang kompleks,,,warna dan motif  syal yang menjadi latar belakang begitu menggoda mata untuk selalu terarah ke sana, sehingga objek foto jadi terganggu. tapi kalo mau menonjolkan warna warni boleh tuh, asal jangan pake orang didalamnya.

Ingin belajar fotografi online? kunjungi portal fotografi saya di http://fotoindah.com/?id=tes

2 thoughts on “Teliti !!! sebelum menekan tombol.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s