Komposisi oh komposisi….


sederhana-2

“bicycle race”

Komposisi adalah suatu seni dan/atau teknologi bagaimana mempresentasikan visi kreatif kita ke dalam suatu hasil foto. Karena ada unsur seni, sebenarnnya bicara komposisi, yah bicara selera. Tetapi karena kita bicara fotografi yang 2 dimensi, maka goal hampir semua fotografer adalah membentuk komposisi yang semenarik mungkin agar hasil foto menjadi berkesan hidup dan kesan tiga dimensinya (perspektif) serta enak dipandang.

Komposisi perlu karena, lensa kamera tidak sama dengan mata kita. Mata kita dapat dengan cepat fokus pada suatu objek…tetapi tidak dengan lensa,,harus ada pengaturan beberapa elemen agar menjadi hasil foto yang indah. Dalam outdoor fotografi, kita lebih banyak melihat elemen-elemen foto yang sembrawut. Nah, tugas kita lah yang mengaturnya agar menjadi susunan elemen-elemen yang “seolah-olah teratur” dan keluar fotogenicnya.

Komposisi yang baik dapat membuat pemandangan biasa menjadi luar biasa, mengundang emosi yang melihatnya, bahkan seolah-olah foto itu berbicara dan menceritakan sesuatu pada orang yang melihatnya. Komposisi adalah hasil kerja yang disengaja, bukan dari “sono” nya. Sehingga jangan bilang, “ah, kalau saya yang di sana, saya juga bisa dapet foto bagus,,,soalnya pemandangannya memang sudah bagus!!!”. Foto yang bagus, biasanya hasil kerja keras fotografernya yang mempresentasikan visi kreatifnya dalam satu bingkai foto.

Komposisi bisa dibentuk dengan banyak parameter, yang semuanya sebenarnya hanya teknik-teknik dasar fotografi. Hal lain yang penting dalam membentuk komposisi foto adalah: “biasakan berfikir secara grafis” begitu melihat objek yang akan difoto. Bukankah sebuah foto sebenarnya terbentuk dari gabungan elemen-elemen grafis (warna, pola, bentuk, tekstur, garis dll).

Satu kata yang selalu jadi pegangan saya sewaktu mengkomposisikan suatu calon objek foto adalah,,,Simplify. Semakin sederhana hasil foto kita, maka akan semakin baik hasilnya…itu menurut saya

cuman-kebon-teh-11

Tiga orang pemetik pucuk teh (POI), sedang melewati jalan setapak (garis) menuju pohon pucuk merah (warna)

ranca-upas-061

“Sepi”

Saya memanfaatkan refleksi air danau yang cukup bagus sebagai latar depan dan untuk membimbing mata pemirsa menuju tenda biru yang jadi POI dalam foto ini.

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

2 thoughts on “Komposisi oh komposisi….”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s