Bermain Kontras (sebuah ide foto)


Pagi hari dengan cuaca yang cerah adalah golden momen untuk para pehobi fotografi outdoor. Cahaya matahari pagi biasanya begitu hangat dan cerah. Nah suatu pagi yang cerah, tiba-tiba saya timbul ide untuk memotret dengan memanfaatkan kontras…padahal biasanya kontras itu tidak disukai….

Cahaya pagi hari ternyata dapat menimbulkan kontras yang lumayan tinggi…langsung saja saya ambil beberapa pohon anthurium koleksi saya untuk dijadikan objek foto….Nah, bagaimana kontras bisa dimanfaatkan supaya menghasilkan foto yang “lumayan indah”. ini teknik yang saya gunakan…

1. Pohon (objek foto) saya biarkan terkena cahaya matahari pagi.

2. Saya mencari latar belakang yang gelap agar terjadi  terjadi kontras tinggi …Saya menggunakan ember agar objek berada di atas tanah dan latar belakang semuanya daerah yang gelap (tidak terkena matahari)

3. PAtokan untuk pengukuran cahaya adalah pada daun yang terkena matahari.

4. atur komposisi, pastikan latar belakang benar-benar daerah gelap….

Dan inilah, hasilnya….

jenmanii1

ini foto anthurium jenmanii kecil, lumayankan hasilnya. Latar belakang hitam.

corong

Anthurium corong kecil. Pot saya sertakan, biar lebih natural.

hookeri

Ini anthurium hookeri (remaja). tekniknya saya rubah,,,saya motret dari atas dan daerah gelapnya adalah aspal jalan yang tidak terkena cahaya matahari..tak terlalu jelekkan….

Ternyata objek-objek di sekelililng rumahpun bisa menjadi objek foto yang bagus,,,dengan sedikit kreatifitas dan tentunya teknik dasar foto yang baik pula….selamat mencoba om dan tante..

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

Tinggalkan Balasan

