Pantai Bayah,,,masih alami


bayah1

pantai manuk (bayah) pagi hari,,,langit masih biru dan jernih tanpa polusi

Pantai bayah merupakan salah satu lokasi kunjungan wisata pantai favorit keluarga kami,,,mengapa? banyak sekali alasannya. salah satunya karena banyak bentangan pantai di sekitar bayah yang masih alami dan bersiiiih. Alasan lainnya adalah Perjalanan ke bayah yang sangat menyenangkan. Banyak sekali pemandangan alam yang indah dan beragam, mulai dari perkotaan, pedesaan sampai dengan berjalan melewati persawahan di sebelah kiri dan bibir pantai di sebelah kanan. Sehingga walaupun jarak tempuh dari Jakarta sekitar 3-5 jam tidak terasa melelahkan.

Untuk menuju Bayah,  dari Jakarta kita bisa melalui tol merak dan keluar di serang timur (pandeglang),,,Setelah keluar tol, ikuti saja jalan yang menuju saketi. Di pertigaan saketi, kita harus belok ke kiri  (belokan tapal kuda dan menurun tajam). Nah perjalanan dari Saketi menuju Malingping-bayah,,,asyik sekali,,,Kondisi jalan mulus (terakhir kami kesana tahun 2009, kondisi jalan sudah parah, dan tidak nyaman dilewati untuk mobil dengan ground clearance rendah, seperti sedan!!!), pemandangan selama perjalanan indah sekali, sehingga nyetirnya juga enak. Ditambah lagi kondisi jalan tidak membosankan,,,naik-turun dan berkelok-kelok….wuzzz

(Sy sarankan, kalau mau ke bayah, lebih baik mengambil jalur dari arah pelabuhan ratu. Kondisi jalan mulus (awal  tahun 2009 lho). Dan pemandangannya tidak kalah menariknya. Karena kita akan menyusuri bukit-bukit dengan pemandangan yang indah)*update terbaru.

Selepas Malingping menuju Bayah, kita sudah menghirup aroma laut……perjalanan akan melewati perbukitan dengan pantai berada di sebelah kanan bawah…kita pasti tergoda untuk berhenti dan lihat-lihat dulu,,,,atau bahkan turun ke bawah,,,(karena tidak terlalu jauh, menuju pantainya)….

Dulu setiap ke Bayah, kami menginap di Pondok Arya…tetapi kata temen saya, sekarang penginapan itu sudah tutup…wah sayang sekali…padahal asyik banget. Di Pondok Arya, kita  bisa pilih kamar-kamar atau bungalow yang semuanya menghadap ke pantai dan berjarak hanya 30m saja dengan bibir pantai….tetapi, tidak apalah, toh masih ada penginapan lain kok….

Dari sekian banyak bentangan pantai di sekitar Bayah, Pantai favorit kami adalah Pantai Manuk,,,,bentangan pasir putih yang landai dan cukup panjang,,sangat asyik buat bermain. Ombak Pantai Manuk cukup besar khas laut selatan…pantai ini juga dijadikan tempat pelelangan ikan oleh para nelayan setempat, sehingga di pinggir Pantai Manuk akan ditemukan beberapa perahu nelayan tradisional yang sedang parkir…dan itu objek foto yang menarik kan!

Untuk anda yang masih mau berpetualang lagi, setelah puas dan bermalam di Bayah,,,anda bisa melanjutkan perjalanan dari bayah menuju pelabuhan ratu….wah perjalanannya dijamin mantabs dan menantang,,,bayangkan kita berjalan di atas bukit dan menyusur pantai…saking menantangnya, kondisi jalanannya kurang bersahabat bagi anda yang membawa mobil jenis sedan (itu kondisi tahun 2005_awal tahun 2009 kondisi jalan sudah mulus)……sehingga jarak 25km dari bayah ke sukabumi  bisa lebih dinikmati lagi, tanpa diganggu oleh kondisi jalan yang rusak (eh…maksudnya kurang bagus)

bayah2

pasir+karang, perpaduan yang indah,,,ada di Pantai Bayah

Kebanyakan tipe pantai di bayah berupa karang dan pasir,,,jadi kita akan sering sekali menemukan nelayan yang sedang memancing dengan joran yang panjang-panjang banget…atau nelayan yang membawa jaring berbentuk lingkaran untuk menangkap lobster..sehingga kebayangkan freshnya santapan hasil laut di sana..

senja-di-bayah

Senja di pantai bayah (di dalam area penginapan Pondok Arya)

Kebanyakan pantai-pantai di Bayah, masih alami, sepi, bersih dan tentunya “tidak terlalu komersial”. Jenis pantainya pun beragam. Ada pantai dengan karang-karang yang kokoh, sehingga kita bisa berada di jauh dari bibir pantai dengan aman. Ada pantai dengan pasir putih yang kasar dan halus, jadi cocok buat anak-anak bermain. Ada juga pantai dengan perpaduan antara pasir dan karang, ini yang asyik,,,bisa main pasir di pantai tanpa basah-basahan. Nah, kita tinggal pilih saja, jenis pantai seperti apa yang mau kita jelajahi. So, tak ada salahnya kalau dicoba, untuk berpetualang bersama keluarga di Bayah.

bayah

Air laut yang jernih, plus langit biru….terapi buat mata agar rileks…ada di pantai bayah

Ingin belajar fotografi online yang murah dan effektif ? saya sudah buatkan khusus untuk anda di fotoindah.com

About these ads

46 thoughts on “Pantai Bayah,,,masih alami”

  1. wah sy kesana 3 tahun lalu(2005), waktu itu rate kamar 100rb/malam, kalau bungalow 3 kamar: 300 rb/malam. fasilitas ala kadarnya, tanpa AC.

  2. ya…ternyata pantai bayah memang benar2 indah…Q nak asli bayah lho..kpn2 klo maen ke bayah ksh kbr2 yua.. biar bisa bareng2 ke pantainya..he..

      1. Dulu pernah ada pas di pinggir pantai bayah, tapi kesana terakhir (2008) villanya dah tutup!, kalo gak salah, masih ada villa lagi, walau agak jauh,…coba ajah cek!…harga dulu sih untuk cottage gede, 200ribuan semalem…Ok, selamat jalan-2..

  3. wah ketemu deh sama orang bayah asli….kebetulan tetangga saya juga orang asli bayah….sampai nopol mobilnya pun B 4 YAH…

  4. sy terakhir ke sana Januari 2009….di bayahnya Ok dan tetap indah…hanya perjalanan menuju kesananya…..Sebaiknya lewat pelabuhan ratu…karena kalau lewat Malingpin, jalannya rusak agak parah….bageto…

  5. halo mas BUDI,
    salam kenal,,serius fotonya oke banget, jadi makin penasaran,
    akhir tahun ini saya mau menghabiskan waktu disana bersama teman2, menggunakan sepeda motor (touring), tepatnya pantai sawarna, sebanyak 15 motor..kira2 tempat apa saja yang bisa kita kunjungi disana??
    apakah dikenakan retribusi biaya untuk setiap tempat..??
    atau ada kenalan temen gak yang bisa untuk dihubungi..
    biar kita gak bingung dan mungkin bisa lebih irit biaya..
    thanks mas BUDI..

    1. Waduh…maaf koneksi internet sy lagi problem, jadi ajah telah meresponnya.
      Salam kenal juga,…mudah-2an udah jadi dan sukses touring nya….

      1. mas Budi maw tanya…
        kan belum banyak orang yang tau pantai bayah…jadi pantainya sepi donk?
        takutnya serem…hehe

  6. salam mas Budi, senang sekali anda telah memperkenalkan keidahan pantai Bayah dan sekitarnya. kebetulan saya orang Bayah dan sekarang tinggal di jkt tepatnya di Pd.Indah. dua bulan yang lalu saya berkunjung ke sana sama teman2 di jkt, biasanya saya kalau berkunjung ke sana lewat warung gunung jalannya bagus dan tidak di lalui mobil2 besar, pokonya lebih nyaman deh…dan sepanjang jalan kita bisa melihat pemandangan alam yg tidak berkedip utk menikmati bukit-bukit dengan pohon2 besar di sepanjang hutan tropis yg kita lalui. lebih cepat dari pandeglang ke Bayah 2-2.5 jam bisa sampai.
    ok mas Budi sekali terima kasih telah memperkenalkan keindahan Pantai Bayah,(sawarna, Pulau Manuk, Karang Taraje, Karang Songsong, Pantai Bagedur, Talanca Beach ) dan banyak lagi keindahan2 Pantai sekitar Malingping-Bayah.

  7. maas budi, mau tny, klo rute dr tangerang lwt mna ya?
    spt’y pantainya indah dan menawan…saya mau ksna,,,
    kra2 estimasi wktu yg d butuhkn brp jam y klo dr tangerang y?

    1. Mas Kukuh,…ke Bayah dari Tangerang bisa lewat pandeglang atau rangkas bitung..langsung saja menuju arah malingping atau cikotok..dari malingping segera arahkan ke bayah (atau arah ke pelabuhan ratu)…waktu tempuh mungkin sekitar 2-3 jam….selamat menikmati suasana pantai Mas Kukuh..

  8. mas budi, sekali-kali main donk lebih ke barat (lewat saketi ke arah labuan) di daerah kami ada pantai tanjung lesung-pulau umang-ciputih.. pantainya lebih landai dengan ombak yang tidak begitu besar.. insya allah jalan relatif bisa dilalui he..he.. cuma kalau lewat cilegon sedikit repot di kawasan industrinya yang kadang suka macet… sok coba, alternatif lain selain anyer-carita…

  9. Pantai Bayah/Sawarna memang cukup indah sekali,sekedar info buat anda yg akan berkunjung ke pantai sawarna,anda bisa menggunakan jasa ‘ Bayah Maliba travel ‘,Maliba travel adalah travel regular,melayani penjemputan perorangan dari jakarta,serang,bandung,bogor dan sekitarnya, juga dari bandar udara soekarno hatta menuju Pantai Bayah/ Sawarna,maliba travel beroperasi setiap hari,untuk info lebih lengkapnya bisa menghubungi 021-55700332 atau 0252-401311,kunjungi juga http://bayahmalibatravel.blogspot.com.

  10. yup…pulo manuk..sawarna..tanjung layar
    habis liburan 2hari disana..
    wow!!
    great journey..great places..great view!
    komplit pake telorrrr

  11. kemaren habis dari bayah sama temen2,,ke pantai sawarna,,trus pas pulangnya main di pantai bagedur,,
    Beneraaann kereeenn bangeeett,,
    Perjalanannya lika-liku seruuu,,
    Gga nyeseeell deeehhh,, :)

  12. waw,,,memang keren pantai di bayah terutama di pantai/desa sawarna.pantai di sini indah sekali.terakhir kali saya camping di pantai sawarna bulan november 2011.saya menggunakan motor dari jakarta menuju pelabuhan ratu lewat jalur cikidang,dari pelabuhan ratu menuju desa sawarna jalan nya berkelok2 penuh dengan tanjakan dan turunan yang tajam.oh iya saya agak heran waktu saya camping di pantai bayah.lebih banyak turis asing dari pada turis lokal.saya ber2 dengan kawan saya jadi merasa ada di bali,haahaaii,,,deh.
    info:bagi yang bawa kendaraan bermotor terutama mobil,pom bensin terakhir berada di ci solok.dari ci solok sampai bayah hanya ada bensin eceran harga nya 7000/liter atau perbotol.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s